Mengulik Keunggulan Keju Cheddar dari Susu Sapi New Zealand

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Peluncuran keju Anchor Cheddar, di Senayan City, Jakarta Pusat, pada Selasa, 11 Juli 2023. Foto: Dok. Anchor

Peluncuran keju Anchor Cheddar, di Senayan City, Jakarta Pusat, pada Selasa, 11 Juli 2023. Foto: Dok. Anchor

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Keju semakin akrab di lidah masyarakat Indonesia. Salah satu parameternya dari semakin beragam kuliner khas Indonesia yang menyertakan keju saat memasak seperti mi, seblak, bahkan bakso. Berkaca dari meningkatnya permintaan akan varian produk olahan susu tersebut di Tanah Air, Anchor baru-baru ini meluncurkan keju cheddar.

"Permintaan terhadap produk keju di Indonesia terus meningkat, dan bahkan diproyeksikan bertumbuh hingga hampir 6% dalam lima tahun ke depan," tutur Riszha Gandjar, Anchor Marketing Manager, Fonterra Brands Indonesia di Jakarta Pusat, pada Selasa, 11 Juli 2023.

"Ini menunjukkan bahwa keju semakin memainkan peran penting dalam makanan sehari-hari. Karenanya, kami memanfaatkan keunggulan Anchor sebagai merek olahan susu dari Fonterra sejak 1886, yang merupakan merk olahan susu nomor 1 di New Zealand untuk menghadirkan kebaikan susu dalam wujud Keju Anchor Cheddar yang serba guna dan mudah diolah di rumah,” ujarnya.

Lantas, apa saja keunggulan atau perbedaan keju Anchor cheddar ketimbang keju cheddar lainnya?

Menurut Riszha, keju Anchor cheddar terbuat dari susu sapi New Zealand, di mana sapinya dibiarkan memakan rumput alami sepanjang tahun.

"Sapi dibiarkan di alam dengan treatment (perawatan) seperti itu bisa menghasilkan susu sapi yang lebih berkualitas, mengandung lebih banyak kalsium, vitamin D, dan juga ketika diolah berasa bedanya. Karena rasa dari milky (susu) itu sangat berasa," jelasnya.

Bagaimana dari segi rasa? Di kesempatan yang sama, menurut Chef Devina Hermawan rasa kejunya terasa, dan tidak menyengat, mengingat keju cheddar berada di tengah dalam urutan keju muda seperti ricotta hingga keju tua.

"Kalau keju cheddar, khususnya Anchor cheddar ini (rasanya) di tengah-tengah. Rasa kejunya sudah dapat, bukan plain susu banget. Sudah ada aroma khas dari tajamnya keju, tapi bukan (seperti keju) yang terlalu tua yang menyengat sekali," ucapnya.

"Sangat serbaguna cocok untuk topping (pugasan), teksturnya mendukung untuk segala resep, cocok untuk dicampur di saus atau dimasak dalam adonan puding keju. Melted (meleleh) dengan baik. Kalau dipotong-potong sebagai isian seperti roti lapis, pizza, itu bakalan cocok," jelasnya.

Selain itu, keju cheddar ini dibungkus dalam plastik yang dilengkapi acuan garis berwarna merah untuk membantu Anda saat memotong seberapa banyak keju yang Anda butuhkan.

Peluncuran Keju Anchor Cheddar ini juga merupakan salah satu komitmen nyata Fonterra, koperasi beranggotakan lebih dari 9.000 peternak sapi dari Selandia Baru, untuk memberdayakan masyarakat dan membagikan kebaikan susu sapi New Zealand bagi jutaan orang Indonesia lintas generasi. Kini, Keju Anchor Cheddar telah tersedia di dalam ukuran 150 gram di supermarket dan minimarket terdekat. Produk ini juga dapat dibeli melalui online marketplace dengan mengunjungi Fonterra Official Store di e-commerce.

Pilihan Editor: Keju yang Baik Seharusnya Mengandung Vitamin Ini

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."