Resep Croffle yang Lezat dan Mudah Dibuat

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Croffle merupakan singkatan dari croissant dan waffle juga menjadi salah satu makana yang happening pada tahun 2021. Croffle memiliki tekstur yang lebih renyah dapat dinikmati dengan sirup maple, selai coklat, susu kental manis maupun es krim. Shutterstock

Croffle merupakan singkatan dari croissant dan waffle juga menjadi salah satu makana yang happening pada tahun 2021. Croffle memiliki tekstur yang lebih renyah dapat dinikmati dengan sirup maple, selai coklat, susu kental manis maupun es krim. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Sedang mencari ide camilan untuk anak? Anda bisa mencoba resep croffle yang lezat dan mudah dibuat. Sebelum menuju ke resep, ada baiknya kita menyegarkan ingatan, croffle termasuk menu paling hits di tahun 2021. Hidangan penutup ini merupakan perpaduan antara croissant dan waffle. Croffle sudah diperkenalkan sejak 2017 oleh Louise Lennox, koki kue asal Irlandia.

Sebenarnya, asal penamaan croffle bukan karena cara pengolahannya yang menggabungkan croissant dan waffle menjadi satu, melainkan adonan croissant dimasak menggunakan cetakan waffle. Dengan begitu, croffle pada dasarnya adalah croissant yang terlihat seperti waffle. 

Croffle dapat disajikan dengan sejumlah pilihan topping atau pugasan, seperti cokelat, irisan pisang, hazelnut, atau isian lainnya sesuai selera.

Oke, kini saatnya kita mengulik resep croffle dikutip dari Cookpad 

Bahan-bahan:

1. 2 lembar adonan croissant siap pakai.

2. Isian sesuai selera, seperti keju, ham, sayuran, atau cokelat.

3. Minyak zaitun atau mentega untuk olesan.

Langkah-langkah:

1. Panaskan mesin waffle Anda, dan biarkan sampai mencapai suhu yang diinginkan.

2. Buka lembaran adonan croissant dan letakkan isian sesuai selera di atasnya. Anda dapat menggunakan keju, ham, sayuran, atau cokelat sebagai isian, atau campuran dari beberapa bahan tersebut.

3. Gulung adonan croissant dari salah satu sudutnya hingga membentuk gulungan yang padat.

4. Oles permukaan mesin waffle dengan sedikit minyak zaitun atau mentega untuk menghindari lengket.

5. Letakkan gulungan adonan croissant di tengah mesin waffle yang sudah dipanaskan. Pastikan gulungan berada di tengah dan tidak terlalu dekat dengan tepi.

6. Tutup mesin waffle dan biarkan adonan memanggang selama 3-5 menit atau hingga croffle berubah menjadi kecokelatan dan renyah.

7. Setelah matang, angkat croffle dari mesin waffle dan biarkan sebentar agar sedikit dingin sebelum disajikan.

8. Ulangi langkah 4-7 dengan adonan croissant dan isian yang tersisa.

9. Adonan croffle siap disajikan dan dinikmati. Anda dapat menambahkan taburan gula bubuk atau sirup maple untuk memberikan sentuhan manis tambahan, atau Anda dapat menikmatinya begitu saja. 

Selamat mencoba!

Pilihan Editor: Kaleidoskop 2021: Dari Croffle Hingga BTS Meal jadi Kuliner Paling Banyak Dicari

ANGELINA TIARA PUSPITALOVA | NAOMY A. NUGRAHENI

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."