4 Tips agar Lipstik Tahan Lama, Salah Satunya Pakai Formula Satin atau Matte

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi lipstik. Unsplash.com/Freestocks Org

Ilustrasi lipstik. Unsplash.com/Freestocks Org

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Lipstik salah satu kosmetik andalan para wanita. Dengan memulasnya di bibir dapat mengubah tampilan pucat dan lelah atau semakin memancarkan pesona Anda. Nah, untuk menjaga lipstik tahan lama sepanjang hari, ada sederet hal yang perlu dilakukan termasuk perawatan bibir. Yuk, kita simak tips agar lipstik tahan lama sepanjang hari menurut dokter kulit.

1. Perawatan Kulit Bibir

Bibir adalah kulit dan layak mendapatkan rutinitas perawatan kulit seperti bagian wajah lainnya. Anda tidak akan mengaplikasikan alas bedak pada wajah yang tidak dicuci dan tidak dilembapkan, bukan? Jika Anda berkomitmen pada pigmen bibir apa pun, Anda pasti ingin mengelupas dan melembapkannya terlebih dahulu.

Pengelupasan sel kulit mati atau eksfoliasi lembut akan menghilangkan serpihan dan kulit kering yang kasar, sehingga Anda memiliki kanvas bersih untuk melukis nanti. Eksfoliasi juga membantu menghaluskan garis-garis halus, yang akan menjaga lipstik agar tidak berbulu saat Anda memakainya.

"Mengelupas bibir Anda dapat membantu jika Anda mulai melihat beberapa garis bibir," kata dokter kulit bersertifikat Loretta Ciraldo, pendiri Dr. Loretta Skincare, dikutip dari laman Mind Body Green, Minggu, 9 Juli 2023.

Segera setelah pengelupasan, oleskann pelembap seperti lip balm. Bibir, lagi-lagi seperti kulit, membutuhkan hidrasi agar tetap kenyal. Lip balm yang diformulasikan dengan baik dapat menarik kelembapan ke dalam kulit, menyembuhkan retakan kecil dan pecah-pecah, serta membantu meningkatkan retensi air dengan bahan oklusif.

Dokter Ciraldo melakukan rutinitas perawatan bibir Anda beberapa menit sebelum Anda mengaplikasikan lipstik, sehingga balsem memiliki kesempatan untuk meresap di kulit bibir.

Baca juga: 4 Langkah Perawatan Bibir Kering sebelum Pakai Lipstik

2. Buat Garis Ganda di Bibir

Agar lipstik tidak mudah luntur, lip liner adalah teman terbaik Anda. Lip liner adalah formula yang lebih berlilin dan lebih kuat untuk menjaga lipstik lebih mudah dibentuk di dalam batasnya. Lip liner adalah sahabat bibir yang cerah, terutama di hari musim panas yang terik.

Aplikasikan lip liner dan concealer dengan trik yang disebut pelapisan ganda. Pertama-tama, oleskan concealer dengan lembut di sekitar bibir. Sedangkan untuk lip liner sendiri, carilah produk yang cocok dengan lipstik pilihan.

Jika Anda menginginkan tampilan riasan tanpa riasan, gunakan lip liner yang cocok dengan warna bibir Anda atau yang lebih gelap. Telusuri sepanjang bagian luar garis bibir alami Anda, ukir bentuk yang diinginkan. Kemudian dengan lembut isi bibir dengan lip liner.

"Ini menciptakan warna dasar, sehingga ketika lipstik atau kilap yang diaplikasikan di atasnya luntur, Anda masih memiliki warna dan bentuk yang bagus," ujar penata rias Jenny Patinkin.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."