4 Hal yang Perlu Diperhatikan saat Mencari Cinta

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi pasangan. Foto: Unsplash.com/Jared Sluyter

Ilustrasi pasangan. Foto: Unsplash.com/Jared Sluyter

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Seringkali kita merasakan kebutuhan akan keterikatan dan koneksi dengan seseorang, dan kita mulai mencari cinta. Namun, saat kita mulai mencarinya, kita dapat memahami bahwa hal itu tidak selalu terjadi seperti yang kita inginkan. Seringkali keputusasaan untuk mencari cinta dengan cepat membuat kita puas dengan keintiman sementara, sehingga memengaruhi kesehatan mental secara negatif.

"Jangan puas dengan keintiman palsu ketika yang sebenarnya ada," ungkap psikolog Emily H. Sanders saat dia menjelaskan hal-hal yang harus kita ingat ketika kita mencari cinta, seperti dikutip dari laman Hindustan Times, Kamis, 6 Juli 2023.

Ingatlah, hubungan yang tidak sehat dapat berdampak negatif pada kesehatan mental dan emosional. Oleh karena itu, sebelum kita memulai hubungan romantis dengan seseorang, kita harus mengetahui dengan jelas kebutuhan, keinginan, dan harapan yang kita miliki darinya, dan hal-hal yang belum siap kita kompromikan. Berikut empat hal yang perlu diperhatikan saat mencari cinta.

1. Merasa Aman

Salah satu fondasi hubungan sehat adalah kebutuhan akan keamanan emosional. Ketika kita merasa aman di sekitar orang lain, kita belajar menerima emosi dan menjadi rentan terhadapnya. Dalam keamanan emosional, keintiman juga tumbuh dan memperdalam hubungan.

2. Hubungan Bukanlah Seluruh Hidup

Hubungan adalah bagian dari hidup, dan itu membantu meningkatkan kehidupan. Namun, bukan berarti hubungan adalah segalanya dalam hidup.Kita seharusnya tidak menumbuhkan ketergantungan yang tidak sehat pada orang yang menjalin hubungan asmara dengan kita.

3. Tidak Ada Pasangan yang Sempurna

Ketika kita tumbuh dengan mengetahui tentang kisah cinta yang sempurna dalam film dan buku, kita cenderung membungkus ide hubungan romantis berdasarkan fantasi. Namun, pada kenyataannya, tidak ada pasangan yang sempurna, dan semua hubungan membutuhkan banyak usaha, komitmen, dan saling pengertian dari kedua belah pihak.

4. Ketersediaan Emosional

Agar kita dapat menumbuhkan keintiman dan hubungan emosional, kita harus tersedia secara emosional, dan menciptakan ruang yang sehat untuk memperdalam hubungan.

Pilihan Editor: 7 Cara Klasik Mengungkapkan Cinta kepada Pasangan

HINDUSTAN TIMES

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."