3 Cara Meningkatkan Kecerdasan Emosional, Latihan Mendengarkan dan Berempati

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi teman wanita. Unsplash/Trung Thanh

Ilustrasi teman wanita. Unsplash/Trung Thanh

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Beberapa orang mungkin terlahir dengan kecerdasan emosional yang tinggi, tapi yang lainnya tidak. Melihat fakta tersebut, bukan berarti kecerdasan emosional seseorang tak bisa ditingkatkan. Sebab berkaca dari beberapa survei dan penelitian menyebutkan kecerdasan tersebut dapat dikembangkan dan ditingkatkan. Misalnya, uji coba terkontrol acak tahun 2019 menemukan bahwa pelatihan kecerdasan emosional dapat meningkatkan kemampuan emosional di tempat kerja.

Menjadi cerdas secara emosional itu salah satu fondasi penting, tetapi langkah apa yang dapat Anda ambil untuk meningkatkan keterampilan sosial dan emosional? Berikut adalah beberapa cara meningkatkan kecerdasan emosiona menurut Kerry Chandra, edukator psikologi dan spesialis rehabilitasi psikososial, dikutip dari laman Very Well Mind, Mei 2023.

1. Luangkan Waktu untuk Mendengar

Jika Anda ingin memahami apa yang dirasakan orang lain, langkah pertama adalah memperhatikan. Luangkan waktu untuk mendengarkan apa yang orang coba sampaikan kepada Anda, baik secara verbal maupun non-verbal.

Bahasa tubuh dapat membawa banyak makna. Saat Anda merasakan bahwa seseorang merasakan hal tertentu, pertimbangkan berbagai faktor yang mungkin berkontribusi terhadap emosi tersebut.

2. Berempati

Menempatkan diri pada posisi orang lain atau berempati untuk benar-benar memahami sudut pandang mereka salah satu cara meningkatkan kecerdasan emosional. Berlatih berempati dengan orang lain.

Bayangkan bagaimana perasaan Anda dalam situasi mereka. Kegiatan semacam itu dapat membantu Anda membangun pemahaman emosional tentang situasi tertentu serta mengembangkan keterampilan emosional yang lebih kuat dalam jangka panjang.

3. Refleksi

Kemampuan bernalar dengan emosi merupakan bagian penting dari kecerdasan emosional. Pertimbangkan bagaimana emosi Anda memengaruhi keputusan dan perilaku Anda. Ketika Anda berpikir tentang bagaimana orang lain merespons, nilailah peran yang dimainkan oleh emosi mereka.

Mengapa orang tersebut merasa seperti ini? Apakah ada faktor tak terlihat yang mungkin berkontribusi terhadap perasaan ini? Bagaimana emosi Anda berbeda dari emosi mereka? Saat Anda menjelajahi pertanyaan-pertanyaan seperti itu, Anda mungkin menemukan bahwa menjadi lebih mudah untuk memahami peran yang dimainkan emosi dalam cara orang berpikir dan berperilaku.

Pilihan Editor: Tips Mengembangkan Kecakapan Emosional Anak Sesuai Usia

VERY WELL MIND

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."