4 Tanda Melon Matang, Kulit Berwarna Krem hingga Mengeluarkan Aroma Kayu Manis

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi melon. Wikimedia.org

Ilustrasi melon. Wikimedia.org

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Meski sering kali melon tidak mendapatkan banyak penghargaan dibandingkan dengan semangka dan blewah dalam kontes popularitas, jangan menyepelekan buah yang satu ini. Dari segi manfaat, melon merupakan sumber vitamin, serat, dan air yang lezat, dan ada banyak cara kreatif untuk menikmatinya. Kunci untuk mendapatkan cita rasa yang lezat dari melon adalah dengan memperhatikan tanda melon matang sepenuhnya.

Perlu diketahui, melon akan terus matang setelah dipetik, jadi jika dibiarkan terlalu lama, buah tersebut dapat membusuk dan memberikan rasa asam serta tekstur yang tidak enak. Di sisi lain, jika dipotong terlalu cepat, melon akan terasa keras dan tidak berasa.

Waktu terbaik untuk menikmati melon adalah menjelang akhir musim panas dan awal musim gugur. Sebelum musim melon tiba, berikut adalah tanda melon matang yang perlu kita ketahui bersama.

1. Kulit Buah Berwarna Kuning Krem

Buah melon yang matang akan memiliki daging berwarna hijau di bagian dalam, tetapi jangan memotong buah yang bagian luarnya masih berwarna hijau-itu tandanya buah tersebut belum matang.

Tanda melon matang, kulitnya berwarna krem. Jadi, carilah yang kulit berwarna putih atau kuning. Semakin kuning, semakin baik. Selain itu, cobalah untuk menghindari melon yang memiliki noda atau bentuk yang tidak simetris.

2. Bintik-bintik Lembut dan Kulit Halus

Cara yang baik untuk mengenali melon yang sudah matang adalah dengan merabanya. Tekan bagian bawahnya (tempat ia menempel pada sulur) secara lembut dengan ibu jari Anda - seharusnya sedikit lunak, dengan sedikit tekanan. Rasakan juga kulitnya dan pilihlah yang halus dan seperti lilin.

3. Beraroma Kayu Manis

Ada yang mengatakan bahwa cara terbaik untuk mengidentifikasi buah yang matang adalah dari aromanya. Pada tingkat kematangan maksimum, melon akan mengeluarkan aroma yang manis. Bahkan mungkin tercium sedikit aroma musky atau bunga. Jika Anda bisa mencium aroma melon Anda dari seberang dapur, berarti buah ini siap untuk dimakan.

4. Terdengar Berongga saat Diketuk Pelan

Jika Anda merasa memiliki melon yang sudah matang, ketuklah dengan jari Anda atau ketuklah dan dengarkan baik-baik. Jika terdengar berongga, kemungkinan besar buah itu sudah matang.

Pilihan Editor: 8 Khasiat Melon untuk Kesehatan Mata dan Kulit

WIDYA FITRIANINGSIH | REAL SIMPLE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."