5 Cara Berbaikan dengan Pasangan setelah Bertengkar

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi pasangan bertengkar. Foto: Freepik.com/Drazen Zigic

Ilustrasi pasangan bertengkar. Foto: Freepik.com/Drazen Zigic

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaPertengkaran adalah hal yang wajar dalam suatu hubungan. Meskipun banyak yang berpikir sebaliknya, sebenarnya pertenkaran memiliki manfaat yang baik karena membuka wawasan dan pendapat, serta membantu kita memahami pasangan dengan lebih baik. Namun, penting bagi kita untuk tidak membiarkan konflik berlarut-larut karena dapat membuat hubungan menjadi pahit. Setelah adu argumen, kita perlu meluangkan waktu untuk meredakan emosi dan mencari cara berbaikan dengan pasangan setelah bertengkar.

"Pertengkaran adalah bagian tak terhindarkan dari dinamika hubungan apa pun. Terutama dalam hubungan yang rentan, intim, dan memiliki makna yang dalam bagi kita. Jenis hubungan ini membawa peningkatan ikatan, nilai-nilai, dan tantangan yang pada akhirnya juga menimbulkan rasa takut akan penolakan, pengabaian, dan kehilangan," ujar terapis hubungan, Elizabeth Fedrick, seperti dikutip dari laman Hindustan Times, Minggu, 18 Juni 2023.

Berikut ini sejumlah cara berbaikan dengan pasangan setelah bertengkar menurut Elizabeth Fedrick.

1.  Inisiatif Membuka Komunikasi

Alih-alih membiarkan penolakan meredam semangat, Anda harus mengambil inisiatif untuk memulai dialog dan memperbaiki hubungan setelah pertengkaran. Penting bagi Andauntuk mencari titik kesamaan guna meredakan ketegangan dan menciptakan perbaikan yang lebih baik.

2. Terbuka dalam Pembicaraan

Salah satu langkah penting dalam berbaikan dengan pasangan setelah bertengkar adalah mengadakan pembicaraan terbuka tentang peristiwa tersebut. Dengan mengakui adanya konflik, kita dapat memulai dialog yang konstruktif.

Baca juga: 7 Cara Bertengkar Sehat dengan Pasangan

3. Mengakui Kesalahan

Penting bagi Anda untuk mengakui kesalahan yang telah dibuat dan memahami di mana Anda berperan. Dengan mengambil tanggung jawab, Anda dapat memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang berbagai aspek dalam hubungan.

4. Menghargai Perspektif Pasangan

Terkadang, Anda tidak dapat melihat kesalahan karena kurangnya validasi terhadap sudut pandang pasangan. Salah satu langkah yang penting berbaikan dengan pasangan setelah bertengkar adalah menghargai dan memvalidasi pandangan mereka, serta berusaha memahami perasaan yang mereka alami.

5. Mencari Cara untuk Tetap Terhubung

Baik melalui sentuhan yang lembut atau meluangkan waktu bersama-sama dengan pasangan termasuk cara berbaikan dengan pasangan setelah bertengkar. Anda dan pasangan perlu menemukan cara untuk tetap terhubung dan melewati konflik tersebut.

Pilihan Editor: 6 Cara Mengatasi Pertengkaran dengan Pasangan, Pentingnya Mendengar dan Kompromi

WIDYA FITRIANINGSIH | HINDUSTAN TIMES

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."