4 Manfaat Menari untuk Kesehatan Tubuh, Menyehatkan Jantung dan Kurangi Stres

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi menari. Pexels/Andrea Piacquadio

Ilustrasi menari. Pexels/Andrea Piacquadio

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Manfaat menari tidak hanya untuk bersenang-senang atau bentuk meluapkan kebahagiaan, menari juga punya sederet manfaat untuk kesehatan tubuh. Menurut Amar Shere, dokter yang juga menjadi instruktur kebugaran tari Bollywood pada waktu luangnya, menari bisa meningkatkan kesehatan jantung, juga mengurangi stres. Untuk lebih jelasnya, yuk kita simak manfaat menari untuk kesehatan tubuh menurut dokter Shere.

1. Baik untuk Jantung

"Kelas tari yang terstruktur seringkali merupakan jenis latihan yang direkomendasikan oleh American Heart Association," ungkap Dr. Shere, Jumat, 16 Juni 2023.

Menurut dia, kelas tari seperti latihan aerobik sedang yang berlangsung setidaknya selama 30 menit sekali. Dalam konteks ini, latihan sedang mengacu pada gerakan yang terus-menerus dengan tingkat usaha sedang.

"Latihan aerobik adalah bentuk latihan yang meningkatkan denyut jantung Anda, sehingga pada akhirnya Anda akan meningkatkan kebugaran kardiovaskular Anda," jelas Dr. Shere.

Apakah Anda merasa tidak yakin bahwa Anda menari dengan intensitas sedang? Tandanya adalah pernapasan dan denyut jantung akan lebih cepat daripada saat Anda beristirahat, tetapi Anda masih dapat berbicara tanpa usaha berlebihan.

2. Dapat Meningkatkan Profil Lipid

"Latihan teratur, seperti menari, telah terbukti memberikan dampak positif pada profil lipid Anda," ucap Dr. Shere. Profil lipid adalah tes yang digunakan oleh ahli jantung untuk mengukur berbagai jenis lemak dalam darah Anda.

Menurut Dr. Shere, menari secara rutin dengan metode aerobik dapat meningkatkan kadar kolesterol lipoprotein densitas tinggi (dikenal juga sebagai HDL, atau kolesterol 'baik') dan mengelola atau menurunkan kadar kolesterol lipoprotein densitas rendah (dikenal juga sebagai LDL, atau kolesterol 'buruk').

Kolesterol LDL adalah jenis kolesterol yang berkontribusi pada penumpukan plak di arteri, yang seringkali berujung pada penyakit jantung. Jadi, segala hal yang dapat mengurangi kadar kolesterol LDL merupakan pilihan yang sangat baik untuk kesehatan jantung Anda.

3. Bisa Mengurangi Stres

Gejala kesehatan mental negatif seperti stres tentu memiliki dampak pada jantung Anda. "Ada bentuk kegagalan jantung yang dapat terjadi akibat paparan jangka panjang terhadap stres emosional yang melemahkan otot jantung," ucap Dr. Shere.

Secara berkala meluangkan waktu untuk menari dapat membantu melindungi jantung Anda dari efek jangka panjang stres. Untuk mendapatkan manfaat maksimal, pilih gaya tari dan genre musik yang membuat Anda merasa bahagia dan rileks.

4. Bikin Gembira

    Menari bukan hanya membantu jantung dan kesehatan secara keseluruhan, tetapi juga memberikan kegembiraan yang luar biasa, kata Dr. Shere. Tidak peduli batasan waktu, kondisi finansial, kemampuan, atau tingkat kebugaran fisik Anda saat ini, menari bisa dilakukan semua orang.

     "Ketika berbicara tentang olahraga dengan para pasien saya, saya selalu menekankan bahwa 'olahraga terbaik' adalah sesuatu yang Anda nikmati dan dapat konsisten lakukan," ucap Dr. Shere.

    "Jika Anda tidak menikmatinya, maka Anda tidak akan melakukannya. Menari bukanlah sesuatu yang harus ditakuti atau menjadi pekerjaan rumah. Mari rayakan kegembiraan dalam mengekspresikan diri melalui gerakan dan nikmati manfaat menari untuk kesehatan tubuh," tegasnya.

    WIDYA FITRIANINGSIH | WELL+GOOD

    Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

    Iklan

    Berita Terkait

    Rekomendasi Artikel

    "Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."