Ingin Bekerja Kembali di Usia 30-an, Koneksi yang Terjalin Baik Salah Satu Kuncinya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi dua wanita bekerja dalam satu ruangan. Foto: Freepik.com/Pressfoto

Ilustrasi dua wanita bekerja dalam satu ruangan. Foto: Freepik.com/Pressfoto

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Jika kamu ingin bekerja kembali di usia 30-an setelah rehat ataupun pertimbangan lainnya, praktisi bidang sumber daya manusia (human resources) Vina Muliana mengatakan koneksi yang terjalin baik misalnya dengan mantan atasan atau para kolega di bidang pekerjaan sebelumnya berperan penting. Menurut Vina, ini khususnya berlaku bagi para wanita yang berencana kembali ke dunia kerja setelah beristirahat sementara waktu karena harus mengurus anak dan keluarganya.

"Biasanya ketika sudah 30 tahun ke atas, kita masuk kerja, boleh apply lewat job portal, tetapi juga harus connecting (terhubung) sama koneksi yang sebelumnya kita punya, mantan bos lah, teman dan sebagainya," kata dia dalam sesi wawancara eksklusif bersama kreator dan merchant TikTok dari Asia Tenggara di Jakarta, Kamis, 15 Juni 2023.

Menurut Vina yang juga konten kreator di berbagai media sosial itu, biasanya saat seseorang berada di usia 30 tahun ke atas, dia tak bisa semata mengandalkan penyedia jasa pencari kerja semata.

"Selalu maintain koneksi karena ketika di level 30 tahun ke atas, biasanya kita masuk kerja bukan lagi cuma apply-apply via job portal. Itu sudah beda geng," jelasnya.

Selain mengenai koneksi, lanjut Vina, sebelum kembali ke dunia kerja, seseorang juga perlu meningkatkan kompetensinya seperti mengikuti kursus-kursus atau pelatihan misalnya secara daring serta menyiapkan rencana misalnya terkait bidang pekerjaan yang akan digeluti.

Vina berpendapat, apabila hal-hal ini diterapkan, maka peluang untuk kembali masih sangat mungkin atau terbuka.

Kemudian, kala kesempatan bekerja kembali datang, seseorang sebaiknya memberikan batasan antara kehidupan keluarga dan pekerjaan, seperti halnya sebelum berkeluarga. "Harus bisa pilih-piih 'jubah' (peran). Ketika dia di rumah pakailah jubah dia sebagai seorang istri, ibu. Tetapi jubah itu harus dilepas ketika sudah di kantor dan sebaliknya," pungkasnya,

Pilihan Editor: Cara Unik Coco Rocha Menjelaskan Pekerjaan Model kepada Putrinya

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."