Gaun Vintage hingga Gaun Konvertibel, Model Gaun Pengantin yang Paling Diminati Tahun 2023

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita memegang gaun pengantin. shutterstock.com

Ilustrasi wanita memegang gaun pengantin. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - "Ledakan" acara pernikahan yang sedang terjadi setelah melewati masa Pandemi Covid-19, di mana acara diadakan secara daring, dirampingkan, bahkan dibatalkan. Contohnya, secara keseluruhan, jumlah pernikahan di Amerika Serikat telah melonjak ke angka yang tidak terlihat dalam empat dekade, dengan prediksi lebih dari 2 juta pernikahan pada tahun 2023. Pada tahun 2020, 1,93 juta; pada tahun 2021 dan 2,47 juta pada tahun 2022, menurut The Wedding Report, sebuah grup perdagangan industri. Selain itu, gaun pengantin dan cara calon pengantin mencari dan membeli pakaian pernikahan mereka juga telah berevolusi. Banyak dari mereka yang mencari model gaun vintage dan konvertibel serta beberapa busana lain untuk berbagai rangkaian acara pernikahan.

Calon Pengantin Riset dan Personalisasi

Lewatlah sudah hari-hari membolak-balik halaman majalah pengantin untuk mencari inspirasi. Calon pengantin saat ini memilih riset di mesin pencarian atau media sosial.

“Terkait calon pengantin Gen Z adalah mereka melakukan penelitian,” kata Beth Chapman, pemilik White Dress by the Shore, toko butik di Clinton, Connecticut, Amerika Serikat, dikutip dari Indian Express, Selasa, 13 Juni 2023.

“Mereka benar-benar tahu barang-barang yang mereka inginkan dan mencarinya dengan bertekad," lanjutnya.

Calon pengantin wanita mungkin menghabiskan waktu berjam-jam menelusuri media sosial, mempelajari gaun yang dikenakan oleh pemengaruh dan selebritas, membuat perencanaan penampilan dari Pinterest, dan mensurvei situs web desainer dan pengecer. Setelah melakukan semua itu - seringkali berbulan-bulan kemudian - barulah calon pengantin wanita akan mempertimbangkan untuk melakukan pembelian.

Ketika itu akhirnya terjadi, dia cenderung memprioritaskan penampilan dan fungsionalitas gaun itu di atas label harga. Biaya rata-rata gaun pengantin sekarang lebih tinggi dari sebelumnya, yaitu USD1.900 atau hampir Rp29 juta (berdasarkan kurs saat artikel ditayangkan), menurut sebuah penelitian oleh The Knot.

Untuk jumlah uang sebanyak itu, banyak calon pengantin wanita mengharapkan pelayanan memanjakan dan personalisasi dalam pengalaman berbelanja.

“Pengantin tidak hanya ingin mendapatkan gaun dari rak,” kata Randy Fenoli, desainer busana pengantin dan pembawa acara “Say Yes to the Dress,” sebuah acara televisi realitas populer yang mengikuti calon pengantin saat mereka menelusuri untuk gaun pengantin yang sempurna di butik Kleinfeld Bridal di New York, Amerika.

Permintaan akan pengalaman belanja secara personal di butik mungkin telah berkontribusi pada kebangkrutan David's Bridal baru-baru ini, peritel pengantin terbesar di Amerika Serikat. David's Bridal, yang pernah mendandani sepertiga pengantin wanita di negara itu, menurut perusahaan, mengajukan kebangkrutan pada April untuk kedua kalinya dalam hampir lima tahun, salah satu dari banyak pengecer besar yang terpukul keras oleh pandemi.

"Kami telah membuktikan bahwa ini bukan masalah harga atau gaya," kata Jim Marcum, CEO David's Bridal, dalam sebuah wawancara video.

Dalam upaya untuk melayani konsumen modern dengan lebih baik, David's Bridal mengumumkan rencana untuk memperkenalkan konsep mirip butik baru di beberapa lokasi tahun lalu. Menurut rilis berita dari merek tersebut, model toko baru ini ditujukan untuk pengantin wanita yang menginginkan proses yang lebih personal, dan ini mencakup pengalaman berbelanja satu-satu dengan penata gaya yang terlatih dan pengrajin perubahan internal.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."