Gaya Erina Gudono hingga Marsha Timothy di Fashion Show Biyan 40 Tahun Berkarya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Erina Gudono hadir di gelaran 40 tahun berkarya Biyan yang menghadirkan koleksi Spring/Summer 2024/Foto: Instagram/Erina Gudono

Erina Gudono hadir di gelaran 40 tahun berkarya Biyan yang menghadirkan koleksi Spring/Summer 2024/Foto: Instagram/Erina Gudono

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta -  Biyan Wanaatmadja menggelar peragaan busana tunggal untuk koleksi Spring/Summer 2024 lini utamanya di Intercontinental Jakarta, Pondok Indah, pada Senin, 5 Juni 2023. Peragaan kali ini istimewa karena dia juga merayakan 40 tahun berkarya. Biyan menampilkan sentuhan personal yang menceritakan perjalanan kreatifnya selama empat dekade di industri fashion.

Dalam gelaran 40 tahun berkaryanya dihadiri oleh figur publik yang kerap mengenakan koleksi Biyan. Mulai dari Kahiyang Ayu, Marsha Timothy, Dian Sastro, Laura Basuki, Christine Hakim, Reza Rahadian, Nagita Slavina, dan Erina Gudono

Merujuk laman instagramnya, tampak Erina mengenakan outer dengan detail embroidery khas Biyan warna bold dengan aksen floral. Sementara Marsha Timothy tampil anggun dengan dress berpotongan loose dan motif printing geomteris yang memesona. 

Marsha Timothy hadir di gelaran 40 tahun berkarya Biyan yang menghadirkan koleksi Spring/Summer 2024/Foto: Instagram/Marsha Timothy

Dalam koleksi tersebut, Biyan menggambarkan masa lalu dan masa kini melalui karya-karya berpola elemen tropis. Dia menghadirkan motif seperti tropical botanical, toile du Jouy, Chinoiserie, serta anyaman maupun geometris tikar yang merupakan inspirasi dari motif Tanah Air.

Motif tersebut diolah dengan sapuan kuas Biyan yang lembut dan tegas, yang dicetak pada kain dengan berbagai tekstur seperti twill silk, chiffon silk, organza silk, crepe, cotton yang ringan untuk musim panas, dan material lain seperti taffeta silk, lame jacquard, sequins, tulle yang berkarakter elegan dan royal. 

Berkaitan dengan tropis, Biyan juga menambahkan unsur alam pada koleksinya dengan mengaplikasikan warna ecru dan krem yang dibalut dengan warna cokelat, hijau olive, serta bronze didalam koleksinya itu.

Koleksi Biyan kali ini mulai dari potongan blouse kotak, pola siluet gaun lurus namun longgar, asymmetrical cape, jaket berpotongan maskulin, rok ramping dengan pola unik, hingga gaun berdetail kerutan.

Semua koleksi ini dibuat oleh tangan Biyan yang romantis namun kokoh, kaya namun polos, menggoda namun canggih, semuanya abadi dan tak lekang oleh waktu. 

Menariknya, ini merupakan pertama kali Biyan menampilkan koleksi pria dari semua peragaan busananya selama ini.

Peragaan koleksi kali ini juga menunjukkan perjalanan Biyan di industri fashion yang berupaya beradaptasi dengan perubahan lokal maupun internasional. Dalam 15 tahun terakhir, Biyan berhasil mengantarkan brandnya ke pasar global lewat oleh International Multibrand Fashion dunia seperti Matches Fashion, Moda Operandi, Club 21, Le Bon Marche, Lane Crawford, Saks Fifth Avenue, Maria Luisa, dan One Fifteen.

DWI NUR AZIZAH  | MILA NOVITA 

Pilihan Editor: Keindahan Wastra Nusantara dalam Imajinasi Biyan, Etnik dan Kontemporer

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."