Keindahan Wastra Nusantara dalam Imajinasi Biyan, Etnik dan Kontemporer

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Desainer Biyan Wanaatmadja menggelar peragaan busana koleksi Spring Summer 2023 di Hotel Intercontinental Pondok Indah, Jakarta, Senin, 11 Juli 2022. (TEMPO/Mila Novita)

Desainer Biyan Wanaatmadja menggelar peragaan busana koleksi Spring Summer 2023 di Hotel Intercontinental Pondok Indah, Jakarta, Senin, 11 Juli 2022. (TEMPO/Mila Novita)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Desainer, Biyan Wanaatmadja merilis koleksi womenswear Spring/Summer 2023 pada Senin, 11 Juli 2022 di Hotel Intercontinental Jakarta, Pondok Indah. Seperti kita ketahui, masa pandemi membuat semua orang kembali ke rumah, berdiam sejenak ke dalam hentian waktu dan merasakan betapa hangatnya keluarga.

Berkat membaca, ternyata semakin menumbuhkan rasa rindu Biyan yang kuat pada Nusantara tempat hatinya selalu berlabuh, tubuh dan kakinya berpijak. Tatanan budaya Indonesia, wastra Nusantara yang begitu kaya menjadi inspirasi Biyan untuk koleksi Spring/Summer 2023.

Biyan pun mengamini jika dari membaca semakin menumbuhkan rasa rindurnya yang kuat pada nusantara tempat hatinya selalu berlabuh, tubuhnya tumbuh dan kakinya berpijak. Tatatan budaya Indonesia, wastra Nusantara yang begitu kaya menjadi inspirasi Biyan untuk koleksi musim panas kali ini. 

Biyan merilis koleksi womens wear Spring Summer 2023 yang bertema Renjana di Jakarta, Senin, 11 Juli 2022/Foto: Cantika

Sebagai rupa, Biyan menjahit corak tenun ikat sumba, motif tampan Lamung, corak polkadot, dan motif garis, menjadi susunan cerita kolase wastra individual. Berawal engan warna-warna estetika alam, nude, beige, terracotta, material seperti linen, katun, silk yang ringan, dilanjutkan dengan perpaduan warna biru tua, cokelat, hijau emerald, lalu warna fuschia pink, kuning terang, lime green retro yang penuh semangat dan menyala. 

"Warna cukup beragam, sebetulnya pemilihan warna menjadi sebuah gambaran baru, dimana setiap warna bisa berjalan bersama-sama dalam koleksi ini. Sebuah harapan baru sebab setiap warna mewakili individu," ucapnya dalam konferensi pers peluncuran koleksi womenswear Spring Summer 2023 yang bertema Renjana di Jakarta, Senin, 11 Juli 2022. 

Ragam warna itu dikombinasikan dengan kain tulle, organza silk, twill silk, taffeta silk, dan jacquard. Semua melebur menjadi sebuah koleksi perayaan akulturasi masa yang beradaptasi dalam garis kepraktisan kekinian. 

Biyan merilis koleksi womens wear Spring Summer 2023 yang bertema Renjana di Jakarta, Senin, 11 Juli 2022/Foto: Cantika

Biyan dengan leluasa menginterpretasikan rekaman memori dan imajinasinya ke berbagai elemen busana, ked alam potongan pola adaptif. Mulai dari kebaya, kimono, sarung hingga potongan kotak, dan oversized yang modern, semua disesuaikan dalam proporsi baru yang dilebur bersama permainan motif dan warna, hingga menciptakan olahan baru yang bersemangat, etnik sekaligus kontemporer. 

Melalui rasa rindu yang tertuang membentuk jati diri Biyan semakin nyata dengan karya tangan yang khas, detail guratan Nusantara dengan teknik sulaman yang terik, pesona etnik seni beadworks, crystal, dan sequein embellishment. 

Baca: Biyan Wujudkan Rindu dan Cinta Kasih untuk Koleksi Spring/Summer 2023

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."