Mengulik Perbedaan Gizi Yogurt Nabati dengan Yogurt Susu

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi perempuan mengonsumsi yogurt. Foto: Freepik.com/pressfoto

Ilustrasi perempuan mengonsumsi yogurt. Foto: Freepik.com/pressfoto

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Dari segi bahan dasar, terdapat dua jenis yogurt, yakni yogurt susu dari produk hewani atau yogurt nabati yang terbuat dari tumbuh-tumbuhan seperti kacang almond, buah-buahan, atau oat. Di antara keduanya, mana lebih baik? Yuk, kita simak perbedaan kandungan gizi di dalam keduanya.

Yogurt nabati mengandung total gula yang jauh lebih sedikit, lebih sedikit natrium, dan lebih banyak serat ketimbang yogurt susu, menurut studi terbaru. Diterbitkan di Frontiers dalam Nutrition Journal, disebutkan pula yogurt nabati mengandung protein, kalsium, dan potasium yang jauh lebih sedikit daripada produk susu.

Studi University of Massachusetts, yang memeringkat yogurt dari kepadatan gizi tertinggi hingga terendah berdasarkan Indeks NRF (Nutrient Rich Food), membandingkan almond, oat, susu rendah dan tanpa lemak, susu penuh lemak, jambu mete, dan yogurt kelapa. Hasilnya, yogurt almond memiliki skor yang jauh lebih tinggi daripada semua yogurt lainnya, menunjukkan kepadatan gizi tertinggi, menurut studi tersebut.

Mempertimbangkan bahwa yogurt nabati adalah alternatif yang berkelanjutan untuk yogurt susu, perbandingan nutrisi yogurt nabati dalam konteks yogurt susu belum pernah diterapkan sebelumnya pada produk yang tersedia secara komersial di Amerika Serikat.

Baca juga: Manfaat Sehat dan Waktu Terbaik Menikmati Yogurt dari Pilihan Buah Segar

Dengan tujuan penelitian untuk menganalisis nilai makronutrien dan mikronutrien dari yogurt nabati dan yogurt susu yang tersedia secara komersial yang diluncurkan antara tahun 2016 dan 2021, studi tersebut menemukan bahwa yogurt susu memberikan gizi makanan yang signifikan, dan mengganti dengan yogurt nabati mungkin memiliki konsekuensi gizi yang tidak diinginkan. .

“Dengan menerapkan model NRF pada yoghurt nabati dan susu, kami telah mengidentifikasi peluang bagi industri makanan untuk meningkatkan formulasi dan komposisi gizi yoghurt nabati. Secara khusus, fortifikasi merupakan peluang untuk meningkatkan sifat gizi yoghurt nabati,” demikian bunyi studi tersebut.

Khushboo Sahijwani Matta, ahli gizi, Rejua Energy Center, Mumbai mengatakan bahwa memang ada perbedaan yang signifikan antara yogurt berbahan dasar susu dan non-susu alias nabati, di mana kuantitas proteinnya jauh lebih tinggi pada yogurt berbahan dasar susu jika dibandingkan.

“Manfaat probiotik yang diberikan yoghurt berbahan dasar susu sangat penting untuk keseimbangan usus kita. Yoghurt semacam itu mengandung kultur hidup dan aktif yang membantu pencernaan. Yoghurt nabati baik untuk orang dengan intoleransi laktosa,” kata Matta dikutip dari Indian Express, Jumat, 9 Juni 2023.

Menambahkan, Yogita Chavan, ahli diet, Rumah Sakit Godrej Memorial, Mumbai, India, menyebutkan bahwa jika konsumen mencari yogurt nabati, maka yogurt almond bisa menjadi pilihan, asalkan diperkaya dengan gizi yang diperlukan untuk setiap individu.

Pilihan Editor: 5 Manfaat Greek Yogurt untuk Kesehatan Tubuh

INDIAN EXPRESS

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."