5 Makanan untuk Meredakan Nyeri Sendi

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi buah blueberry. Foto: Unsplash.com/Joanna Kosinska

Ilustrasi buah blueberry. Foto: Unsplash.com/Joanna Kosinska

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Ketidaknyamanan sendi atau nyeri sendi biasanya dirasakan di tangan, pinggul, tulang belakang, lutut, dan kaki. Nyeri sendi terjadi ketika seseorang mengalami cedera sebelumnya di area persendian, menderita radang sendi dan kondisi medis kronis lainnya, menderita depresi, kecemasan, stres, kelebihan berat badan, dan menderita kesehatan yang buruk. Ada beberapa cara untuk meredakan nyeri sendi termasuk memilih makanan yang kaya antioksidan dan memiliki sifat anti-inflamasi.

Berikut sejumlah makanan untuk meredakan nyeri sendi.

1. Biji dan Kacang-kacangan

Ilustrasi kacang-kacangan. Unsplash/Peter Feghali

Biji-bijian dan kacang-kacangan seperti almond, hazelnut, pecan, kacang tanah dan kenari kaya akan asam lemak omega 3 dan memiliki sifat anti-inflamasi.

Biji-bijian dan kacang-kacangan ini juga mengandung serat, kalsium, magnesium, seng, dan Vitamin E dan merupakan sumber lemak tak jenuh ganda dan tak jenuh tunggal yang sehat untuk persendian dan juga baik untuk jantung.

2. Buah Berry

Ilustrasi stroberi. Pixabay.com/Congerdesign

Buah berry seperti blueberry, blackberry, strawberry, cranberry, dan raspberry kaya akan antioksidan. Beberapa penelitian telah membuktikan efek buah beri pada persendian. Antioksidan yang ada dalam buah beri melindungi tubuh dari radikal bebas dan peradangan.

Baca juga: Nyeri Sendi Lebih Rentan Dialami Perempuan, Ini Penyebabnya

3. Brokoli dan Kembang Kol

Ilustrasi brokoli. Foto: Freepik.com/8photo

Dalam penelitian pada hewan telah ditemukan bahwa sayuran seperti brokoli, kembang kol mengandung sulforaphane, senyawa alami yang menghambat peradangan pada osteoarthritis.

Selalu pilih sayuran musiman dan pastikan Anda mencucinya dengan benar sebelum dikonsumsi agar pestisida dan pupuk yang digunakan selama penanaman benar-benar hilang sebelum dimasak.

4. Minyak Zaitun

Ilustrasi menambahkan minyak zaitun dalam salad. Freepik.com/Yanalya

Ada beberapa penelitian tentang peran minyak zaitun bagi kesehatan manusia. Selain sebagai salah satu minyak paling sehat untuk jantung manusia, minyak zaitun bisa membuat persendian yang lebih baik. Minyak zaitun dapat mengurangi risiko yang terkait dengan peradangan.

5. Cokelat Hitam

Ilustrasi cokelat hitam. Foto: Pixabay.com/Jackmac34

Salah satu manfaat cokelat hitam atau dark chocolate adalah anti-inflamasi, sehingga dapat membantu melindungi tubuh dari efek peradangan yang merusak. Peradangan kronis menyebabkan komplikasi kesehatan seperti diabetes, radang sendi, dan bahkan kanker.

Meskipun rekomendasi makanan untuk meredakan nyeri sendi didasarkan pada laporan dan studi kesehatan, ada baiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum melakukan perubahan apa pun pada diet mereka. Beberapa faktor seperti kondisi kesehatan saat itu hingga penyakit kronis akan diperhitungkan saat menerapkan pola makan tertentu kepada siapa saja.

Pilihan Editor: 5 Tips Merawat Kesehatan Sendi agar Terhindar dari Risiko Osteoarthritis

TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."