3 Alasan Mengapa Sulit Tidur saat Dewasa

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita tidur bermasalah. Freepik.com/Jcomp

Ilustrasi wanita tidur bermasalah. Freepik.com/Jcomp

IKLAN

Cara Tidur Lebih Berkualitas

Langkah pertama untuk meningkatkan kualitas tidur adalah dengan memastikan kamar tidurmu merupakan tempat yang nyaman, menenangkan, dan tenang. "Kamar tidur harus menjadi tempat perlindungan setelah hari yang melelahkan," kata Kennedy. "Jika kamar berantakan atau kacau, itu akan memengaruhi kualitas tidur."

Dia juga menyebutkan bahwa menciptakan rutinitas sebelum tidur bisa sangat bermanfaat. "Cobalah membuat ritual selama 30 menit sebelum tidur seperti membaca buku, menulis jurnal, atau meditasi," ujarnya.

Jika kamu sering terbangun karena keringat malam, mungkin perlu dipertimbangkan membeli beberapa perlengkapan tidur yang sesuai suhu dan pakaian tidur yang menyejukkan, selain menjaga suhu kamar tidur pada suhu yang dingin, seperti yang direkomendasikan oleh National Sleep Foundation, yaitu 67 derajat Fahrenheit untuk meningkatkan tidur yang nyenyak.

Bagi anak-anak dan orang dewasa, mendapatkan jumlah tidur yang cukup dan berkualitas sangat penting untuk kesehatan mental dan fisik, bahkan masa hidup dapat terganggu tanpa istirahat malam yang memadai. Rekomendasi tidur umum untuk orang dewasa, menurut The National Sleep Foundation, adalah antara 7 hingga 9 jam per malam, tetapi dapat berbeda-beda untuk setiap individu.

"Orang dengan gangguan tidur kronis memiliki risiko lebih tinggi mengembangkan masalah kesehatan seperti penyakit jantung, tekanan darah tinggi, diabetes, stroke, dan depresi," kata Edward Fisher, anggota Center for the Prevention of Cardiovascular Disease di NYU School of Medicine.

"Ini berarti bahwa beberapa penyakit yang menyebabkan gangguan tidur dapat menjadi lebih buruk karena kualitas atau jumlah tidur yang buruk dalam siklus yang mematikan."

Jika merasa memiliki gangguan tidur kronis seperti insomnia kronis atau sleep apnea, Dr. Fisher menyarankan untuk membicarakannya dengan dokter. "Doktermu mungkin dapat memulai pengobatan, atau jika tidak, dapat merekomendasikanmu ke pusat tidur khusus," katanya. "Mereka memiliki peralatan tes dan profesional medis yang canggih untuk mendiagnosis dan mengobati berbagai gangguan tidur."

Semoga, setelah mengetahui penyebab sulit tidur saat dewasa dan jika mengalaminya, kita dapat tidur lebih berkualitas dengan menghindarinya.

Pilihan Editor: 8 Cara Atasi Sulit Tidur, Salah Satunya Tidur di Waktu yang Sama Setiap Hari 

WIDYA FITRIANINGSIH | REAL SIMPLE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Halaman

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."