Rahasia Kelezatan Ayam Goreng McDonald's, Ayam Happy hingga Peran Spesialis Ayam

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
(dari kiri) Caroline Kurniadjaja - Associate Director of Marketing McDonald's Indonesia, Martin Natadipraja - Chef dan Influencer, Fikri Hidayatullah - Spesialis Ayam McDonald's Indonesia, dan Imam Gazali - QA Manager McDonald's Indonesia dalam konferensi pers

(dari kiri) Caroline Kurniadjaja - Associate Director of Marketing McDonald's Indonesia, Martin Natadipraja - Chef dan Influencer, Fikri Hidayatullah - Spesialis Ayam McDonald's Indonesia, dan Imam Gazali - QA Manager McDonald's Indonesia dalam konferensi pers "Rahasia Krispy dan Juicy Ayam McD di McDonald's Salemba, Jakarta Pusat, pada Rabu, 31 Mei 2023. Foto: Dok. McDonald's Indonesia

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Apakah kamu penggemar ayam goreng McDonald's yang renyah dan gurih? Jika iya, tahukah kamu butuh persiapan panjang untuk menyajikan sepotong ayam hangat pesanan kamu. Mulai dari memastikan ayam bahagia alias happy di peternakan hingga peran spesialis ayam saat menggoreng. Hal itu diungkapkan baru-baru ini saat open kitchen di McDonald's Salemba, Jakarta Pusat, pada akhir Mei 2023.

Untuk menjaga kualitas ayam goreng McDonald's, dari hulu hingga hilir prosesnya dipastikan sesuai standar keamanan pangan termasuk kesegaran bahan bakunya, yakni ayam segar yang dikirim setiap pagi.

"Kami menggunakan ayam segar, yang setiap pagi dikirimkan ke restoran. Banyak sekali pemasok. aturan di peternakan ada biosecurity atau keamanan hayati," ujar Imam Gazali, Quality Assurance Manager of McDonald’s Indonesia di McDonald's Salemba, Jakarta Pusat, pada Rabu, 31 Mei 2023.

Ayam Dipastikan Happy di Peternakan

Menurut Imam, pemasok ayam McDonald's tersebar di beberapa lokasi mengingat Indonesia adalah negara kepulauan.

"Kalau untuk ayam, pemasok dari Medan, Makassar, Bali, Kalimantan, dan Pulau Jawa. Pemasok terintegrasi dari pakan hingga pemotongan," jelasnya.

Di peternakan, ayamnya dipastikan bahagia dengan memperhatikan kualitas air dan pakan hingga kondisi kandang. 

"Ayamnya dibuat happy, benar-benar diperhatikan makanan, suhu, kelembapan, bahkan kandang tertutup. Tidak boleh terpapar banyak sinar matahari. Air minumnya difilter dulu untuk mencegah penyakit-penyakit yang membahayakan. (Kandang) dipisahkan gendernya, betina dan jantan untuk mencegah persaingan saat mendapatkan makanan," tuturnya.

Jika tidak merata pakan yang dimakan ayam bisa berujung pada bobot yang diinginkan. 
ketika ayam sakit, ada dokter hewan yang menangani, dan dipisahkan dari ayam lainnya serta diberi obat sesuai dengan ketentuan.

Kebersihan peternakan juga dijaga dengan didisinfeksi dan pengunjungnya wajib mandi dan mengganti pakaian dengan busana yang telah disediakan di peternakan tersebut.

Dalam tahap pemotongan ayam, dipastikan ayam diistirahatkan dulu, tidak diantar di bawah terik matahari, tidak kehausan, dan ayam tidak berdesak-desakan di dalam truk

"Nanti ayam (bisa) tidak happy, jadi stres, asam laktatnya meningkat dagingnya bisa alot," ungkap Imam.

"Disembelih secara halal, persyaratan yang paling utama untuk halal itu harus terputus tiga saluran, saluran napas, darah, dan makanan. Ketika salah satu saluran ini tidak putus akan berakibat ayamnya tidak sesuai standar. Selain tidak halal, jadinya ada darah di dalam ayam. akhirnya daging cepat rusak," ucapnya.

Singkatnya, peternakan pemasok ayam McDonald's bersertifikat kesejahteraan hewani atau animal welfare

Menurut Imam, kebutuhan ayam setiap hari tergantung restoran masing-masing. "Kalau penjualan tinggi bisa sampai 100 ekor per hari," tuturnya.

Suasana sejumlah rekan media mengikuti open kitchen McDonalds Indonesia di Salemba, Jakarta Pusat, pada Rabu, 31 Mei 2023. Foto: Dok. McDonald's Indonesia

Spesialis Ayam McDonald's

Selain memperhatikan kualitas ayam di peternakan, McDonald's juga mengkhususkan spesialis ayam untuk menggoreng. Kru pilihan ini hanya fokus di bagian ayam.

"Spesialis ayam McDonald's hanya menangani ayam, tidak bekerja menggoreng kentang atau burger. Tak semua bisa jadi spesialis ayam," jelas Caroline Kurniadjaja, Associate Director of Marketing McDonald’s Indonesia.

Untuk mendapatkan jabatan spesialis ayam dan memakai atribut khusus, Caroline menyebutkan harus melalui pelatihan selama minimum 80 jam. Pelatihan sesi pertama adalah praktik, kemudian dilanjutkan dengan praktik. Setelah itu, akan diverifikasi kemampuan calon spesialis ayam oleh dua orang, yang pertama pelatihnya, lalu manajer restoran.

"Tergantung dari kemampuan kru tersebut, kalau memang bisa, berarti 80 jam bisa diverifikasi menjadi spesialis ayam. Tapi kalau begitu praktik, belum sesuai, ditambah lagi jamnya. Harus detail, mulai dari pengecekan tanggal ayam diterima, hingga menggoreng," ucapnya.

McDonald's Indonesia juga memastikan penggorengan ayam krispy dan spicy (pedas) terpisah, juga tidak digabung dengan kentang atau nugget. Minyak yang digunakan diganti secara berkala sesuai ketentun McDonald's Indonesia. Setelah proses menggoreng, ayam diletakkan di holding cabinet.

Pilihan Editor: McDonald's Buka Rahasia Membuat Kentang Goreng Renyah dan Gurih

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."