Olahraga di Rumah atau Gym, Mana Lebih Baik?

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi perempuan olahraga di rumah. Foto: Freepik.com/Tirachardz

Ilustrasi perempuan olahraga di rumah. Foto: Freepik.com/Tirachardz

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Di ranah kebugaran, perdebatan antara olahraga di rumah atau di gym masih menjadi diskusi. Setiap opsi menyajikan serangkaian keuntungan dan pertimbangannya sendiri. Olahraga di gym menawarkan berbagai peralatan dan suasana yang memotivasi, sementara olahraga di rumah memberikan kenyamanan dan privasi. Mari selami pro dan kontra dari kedua pendekatan untuk membantu Anda membuat keputusan yang tepat. 

"Olahraga di gym selalu menjadi pilihan yang lebih populer bagi penggemar kebugaran karena tidak hanya memungkinkan mereka akses mudah ke berbagai peralatan, tetapi juga pilihan untuk bereksperimen dan mencoba berbagai latihan untuk mencari tahu apa yang terbaik untuk tubuh mereka," ujar Prateek Sood, Pakar Kebugaran dan Direktur Grand Slam Fitness, seperti dikutip dari Hindustan Times, pada Selasa, 30 Mei 2023.

Selain itu, gym bisa memotivasi dan memberikan kegembiraan tambahan untuk bertemu dengan teman kebugaran Anda yang memberi Anda kompetisi yang sehat dan lingkaran sosial yang tepat untuk terus maju. Namun di sisi lain, olahraga di rumah menawarkan kebebasan waktu. Lantas, mana lebih baik? Berikut faktor-faktor yang dapat dipertimbangkan.

1. Akses Peralatan

Salah satu keuntungan terbesar olahraga di gym adalah akses cepat dan mudah ke berbagai peralatan. Baik Anda ingin mengangkat beban, menggunakan mesin kardio, treadmill, elliptical, stairclimber, stair stepper, stationary bike, atau mencoba sesuatu yang baru seperti mesin dayung, gym memiliki semua yang Anda butuhkan.

Olahraga bisa jauh lebih mudah jika Anda memiliki banyak pilihan untuk dipilih dan tidak perlu menahan diri untuk mencoba sesuatu yang baru.

2. Kenyamanan

Olahraga di rumah menawarkan kenyamanan terbaik, karena Anda dapat berolahraga kapan pun Anda mau, tanpa harus meninggalkan rumah. Ini sangat menarik bagi mereka yang memiliki jadwal sibuk atau mereka yang tidak memiliki akses mudah ke gym.

Sementara itu, pergi ke gym bisa memakan waktu, karena Anda harus mempertimbangkan waktu perjalanan dan potensi waktu tunggu memakai peralatan.

Baca juga: Tetap Kreatif Lakukan Olahraga di Rumah, Ada Menari Hingga HIIT

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."