5 Penyebab Kembung setelah Berhubungan Intim

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi pasangan bercinta. Shutterstock

Ilustrasi pasangan bercinta. Shutterstock

IKLAN

3. Masalah Pencernaan

Kalau kamu punya masalah pencernaan, seperti sembelit, sindrom iritasi usus besar (IBS), atau gangguan pencernaan lainnya, maka kemungkinan besar kamu akan mengalami kembung setelah berhubungan intim. Gejala IBS yang perlu diwaspadai termasuk sembelit, kram, sakit perut, dan diare.

Untuk meredakan dan mengatasi kembung, termasuk setelah berhubungan intim, Dr. Wider merekomendasikan untuk menghindari makanan yang bisa memicu perut kembung, seperti kacang-kacangan dan polong-polongan, sebelum berhubungan intim.

Kalau kembung masih terasa, Dr. Wider juga menyarankan untuk mencoba makan jahe, karena penelitian menunjukkan jahe bisa mengurangi rasa sakit di saluran pencernaan dan meredakan kembung.

4. Tidak Menggunakan Kondom

Jika kamu melakukan hubungan intim tanpa kondom, itu bisa menjadi penyebab lain mengapa kamu merasa kram dan kembung setelah berhubungan intim. Dr. Wider menjelaskan bahwa ketika air mani masuk ke dalam vagina, prostaglandin (sejenis lipid) yang terkandung dalam air mani dapat menyebabkan kontraksi pada rahim dan menyebabkan perasaan tidak nyaman, termasuk kembung.

Untuk menghindarinya, gunakan kondom saat berhubungan intim atau minta pasanganmu untuk menarik diri sebelum ejakulasi. Dengan cara ini, kamu bisa merasa lebih nyaman dan mengurangi kemungkinan mengalami kembung setelah berhubungan intim.

5. Alergi Lateks

Akan tetapi sebaliknya, menggunakan kondom juga dapat menyebabkan kembung setelah berhubungan intim pada beberapa orang, demikian kata Dr. Cabeca. Sebab adanya alergi terhadap lateks yang dapat menyebabkan peradangan dan kembung.

Gejala lain dari alergi lateks, seperti gatal-gatal, kemerahan pada kulit, ruam, dan gejala mirip flu seperti bersin, pilek, batuk, atau tenggorokan gatal, juga dapat muncul, seperti yang dijelaskan oleh Mayo Clinic. Jika kamu merasa memiliki alergi lateks, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter guna mendapatkan diagnosis dan pengobatan yang tepat.

Sayangnya, tidak ada obat instan untuk mengatasi kembung setelah berhubungan intim. Gejala ini biasanya akan hilang dengan sendirinya setelah beberapa jam. Namun, jika gejala kembung menetap atau terjadi secara konsisten, Dr. Wider merekomendasikan untuk berkonsultasi dengan penyedia layanan kesehatan untuk mendapatkan bantuan yang tepat.

 

Pilihan Editor: 7 Penyebab Keluar Darah setelah Berhubungan Intim

WIDYA FITRIANINGSIH | POPSUGAR

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Halaman

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."