Agar Tidur Nyenyak, Lakukan 10 Hal Ini

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi perempuan tidur. Foto: Freepik.com

Ilustrasi perempuan tidur. Foto: Freepik.com

IKLAN

8. Hindari Bermain Gawai

Hindari semua perangkat elektronik setidaknya satu hingga dua jam sebelum tidur. Ini termasuk televisi, komputer, tablet, dan telepon pintar. "Semuanya memancarkan cahaya biru yang mengganggu jam internal tubuh Anda," ujar Dr. Zweig.

"Mematikan perangkat sebelum tidur memungkinkan tubuh dan pikiran Anda untuk mempersiapkan diri untuk tidur," tambahnya. Dalam masyarakat kita yang selalu terhubung dengan gawai, hal ini mungkin sulit untuk dilakukan, namun tubuh Anda akan berterima kasih pada saat tidur.

9. Lakukan Kegiatan yang Menenangkan

Secara umum, para pakar tidur setuju bahwa kebiasaan yang mendorong relaksasi seperti mandi air hangat yang menenangkan sebelum tidur dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak. Sebenarnya, mandi memiliki lebih dari sekedar efek menenangkan. Penelitian telah menemukan bahwa mandi air hangat satu hingga dua jam sebelum tidur dapat membantu Anda untuk tidur lebih cepat karena ketika tubuh Anda menjadi dingin setelah mandi, penurunan suhu tubuh membantu mendorong tidur secara alami.

Dr. Khan mengatakan bahwa kegiatan santai sebelum tidur dapat mencakup mendengarkan musik yang tenang, mandi air panas atau berendam, dan minum cairan hangat seperti teh tanpa kafein.

"Agar pikiran dapat beralih ke mode tidur, pikiran membutuhkan kondisi yang tenang. Cairan dan makanan hangat, perut yang [kenyang], dan perasaan hangat yang nyaman mendorong timbulnya tidur, sementara suhu yang lebih dingin [di lingkungan tidur Anda] membantu mempertahankan tidur yang lebih nyenyak," jelasnya.

Dr. Zweig mengatakan bahwa metode relaksasi apa pun, mulai dari meditasi hingga membaca buku fiksi, membantu tubuh dan pikiran menjadi rileks dan bertransisi dari kondisi terjaga penuh ke kondisi istirahat, dan pada akhirnya tidur.

"Kita perlu bertransisi secara perlahan untuk tidur," katanya. Sebagian besar dari kita tahu bahwa sangat sulit untuk memikirkan tidur ketika kita dalam keadaan bersemangat. Pikiran dan tubuh Anda perlu waktu untuk menyesuaikan diri dari keadaan intensitas tinggi ke relaksasi.

10. Peregangan

    "Lakukan beberapa peregangan sebelum naik ke tempat tidur," saran Dr Khan. "Peregangan sendi dikaitkan dengan rasa pelepasan stres dan relaksasi serta meningkatkan kualitas tidur yang lebih baik. Yin Yoga, suatu bentuk yoga yang melibatkan beberapa menit bertahan dalam pose yang sama sambil meregangkan sendi dan ligamen dengan lembut, adalah salah satu aktivitas yang bermanfaat.

    Pilihan Editor: 5 Buah Ini Bisa Bantu Tidur Nyenyak, Ada Pisang hingga Nanas

     

    WIDYA FITRIANINGSIH | REAL SIMPLE

    Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

    Halaman

    Iklan

    Berita Terkait

    Rekomendasi Artikel

    "Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."