Ketahui Tanda dan Bahayanya Jika Pakai Sunscreen Kedaluwarsa

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi wanita memegang tabir surya. Freepik.com/Lifeforstock

Ilustrasi wanita memegang tabir surya. Freepik.com/Lifeforstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Di cuaca yang panas ini, kebutuhan tabir surya atau sunscreen menjadi semakin penting untuk menjaga kesehatan kulit.  Masalah utama yang bisa muncul saat seseorang menggunakan tabir surya kedaluwarsa yakni sunburn atau kondisi iritasi pada kulit akibat paparan sinar ultraviolet (UV) dari matahari yang berlebihan.

Seiring waktu, kondisi ini dapat meningkatkan risiko kanker kulit dan menyebabkan kulit menua sebelum waktunya, menurut Skin Cancer Foundation. "Setelah tabir surya kedaluwarsa, maka benda ini kehilangan kemanjurannya dan tidak akan memberi perlindungan," kata pakar dermatologi di Westlake Dermatology, Houston, Texas, Neil Farnsworth, MD seperti disiarkan Livestrong pada Sabtu, 13 Mei 2023. 

Menurut Cleveland Clinic, dampak ini kemungkinan besar untuk tabir surya mengandung bahan-bahan seperti avobenzone atau octinoxate, yang dapat terurai dengan cepat.

Tabir surya kedaluwarsa juga dapat mengoksidasi atau menampung bakteri yang berpotensi memicu reaksi alergi, ruam atau jerawat.

Menurut Farnsworth, cara termudah mengetahui masa pakai produk yakni melihat tanggal kedaluwarsanya. Namun, apabila tak menemukannya, maka seseorang bisa mengamati sejumlah tanda produk sudah melewati masa pakai yakni tampak berair, kering atau berpasir, warnanya dan baunya berubah.

Tanggal kedaluwarsa biasanya tiga tahun setelah tabir surya diproduksi dan ini tercantum pada botol atau tabung tabir surya. Namun jika tidak, sebaiknya tuliskan tanggal pada produk saat membelinya.

Pakar kesehatan di Mayo Clinic mengingatkan orang-orang menjauhkan tabir surya dari sinar matahari langsung. Saat mereka berada di luar, sebaiknya simpan tabir surya di tempat teduh atau bungkus dengan handuk.

Pilihan Editor: Nadine Chandrawinata Cerita Pakai Sunscreen Sejak SD, Dibiasakan oleh Papa Mamanya

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."