Seberapa Sering Anda Harus Mengganti Piyama?

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
Ilustrasi piyama atau pakaian tidur. shutterstock.com

Ilustrasi piyama atau pakaian tidur. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Apakah Anda suka menggunakan piyama Anda berulang kali? Sebenarnya tidak ada rekomendasi resmi terkait seberapa sering seseorang harus mengganti piyama dan mencucinya. Walau begitu, pakar dermatologi di Westlake Dermatology, Austin, Texas Jennifer Gordon, MD menyarankan agar seseorang mengganti piyama mereka setiap tiga hingga empat malam sekali. "Saya akan mengatakan mungkin setiap tiga sampai empat malam jika Anda memakainya secara teratur, seperti setiap malam," kata dia seperti disiarkan Health, Senin 22 Mei 2023.

Menurut dia, apabila seseorang banyak berkeringat saat tidur, atau jika dia mengenakan piyama tanpa pakaian dalam, mungkin lebih baik mencucinya setiap hari atau dua hari sekali.

Sebenarnya, daripada melihat jadwal kalender, Anda juga menjadikan hidung sebagai panduan yang lebih baik. "Tes bau benar-benar salah satu indikator terbaik apakah pakaian perlu dicuci," ujar Gordon.

Berbeda dengan pakaian yang dikenakan saat siang hari atau saat berolahraga, piyama biasanya tidak menimbulkan kotoran atau noda yang terlihat. Ada sejumlah kemungkinan yang bisa seseorang alami apabila jarang mengganti dan mencuci piyama, salah satunya meningkatnya iritasi kulit.

Piyama akan mulai menyerap banyak keringat, minyak alami, dan sel-sel mati yang dikeluarkan oleh kulit saat seseorang tidur. Hal-hal ini belum tentu berbahaya. Tetapi mungkin semua penumpukan dapat menyebabkan penyumbatan pori yang dapat meningkatkan risiko jerawat atau ruam.

Kemudian, microbiome kulit juga dapat mulai menumpuk di piyama. Keringat bercampur dengan bakteri ini mungkin mulai membuat piyama berbau tak sedap. Jadi seberapa lama Anda mengganti piyama?

Pilihan Editor: Setelah Piyama, Nindy Tunjukkan Anting dan Tas Pinggang Unik

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."