10 Tanda Hubungan Sehat

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi pasangan kencan. Foto: Pixabay.com/StockSnap

Ilustrasi pasangan kencan. Foto: Pixabay.com/StockSnap

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Berada di hubungan sehat dambaan setiap pasangan. Tak hanya melulu bicara dihujani kasih sayang, tapi juga saling menghargai, berjuang, dan memberi ruang untuk pasangan. Hubungan yang sehat juga fondasi untuk kebahagiaan dan keharmonisan dalam jangka panjang. Lantas, apa saja tanda hubungan sehat? Yuk, kita telusuri bersama.

1. Melihat Tantangan sebagai Peluang

    Orang-orang kemungkinan besar akan meragukan hubungan Anda dan memberi Anda alasan mengapa hubungan itu pasti akan gagal. Ini sering terjadi pada orang yang memasuki hubungan baru, sulit untuk melihat apakah kerja keras suatu hubungan akan berakhir dengan perjuangan. Setiap pasangan melewati pasang surut dan harus mengatasi tantangan.

    Alih-alih berpikir, khawatir, dan pesimis, mengapa tidak mempertimbangkan kemungkinan hubungan itu akan berhasil, dan semua yang bisa diperoleh? Begitulah cara orang-orang dalam hubungan sehat belajar mengalihkan fokus mereka untuk melihat tantangan sebagai peluang.

    2. Tak Ada Rasa Bersaing

    Anda tidak bersaing dengan pasangan Anda untuk melihat siapa yang lebih baik dalam hal apa. Kalian berdua merangkul kekuatan satu sama lain dan saling membantu area pertumbuhan satu sama lain. Juga, berbagi kegembiraan atas pencapaian satu sama lain.

    Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2020 disimpulkan bahwa bersikap konstruktif secara aktif berkontribusi pada rasa identitas pasangan, yang dalam jangka panjang, dikaitkan dengan kesejahteraan relasional pasangan.

      3. Fokus pada Masa Depan

        Andan berdua tak membiarkan masa lalu merayap dan mempersulit masa kini dan masa depan Anda, itu termasuk tanda hubungan sehat dan bahagia. 

        4. Bersyukur atas Cinta dan Kegembiraan yang Dirasakan

        Banyak hal terjadi dalam hidup yang membuat kita kehilangan fokus pada cinta dan kegembiraan yang mengelilingi kita. Dalam hubungan sehat, pasangan meluangkan beberapa saat bersama setiap hari untuk mengenali dan bersyukur atas cinta dan kegembiraan itu.

          5. Mengutamakan Komunikasi

          Anda dan pasangan menyadari betul pentingnya komunikasi. Di situasi apa pun, kalian berdua mengedepankan komunikasi. 

          Sebuah studi tentang komunikasi dalam hubungan romantis menjelaskan bahwa orang lebih cenderung terlibat dalam jenis komunikasi ini ketika mereka percaya bahwa mereka dan pasangannya memiliki tingkat komitmen yang sama, yang berhubungan langsung dengan emosi terhubung ke apa yang dikenal sebagai mutualitas.

          Jadi, melalui komunikasi, berarti Anda sedang membangun komitmen dengan pasangan. Meskipun ini membutuhkan elemen lain juga, komunikasi adalah salah satu yang paling signifikan.

          Iklan

          Berita Terkait

          Rekomendasi Artikel

          "Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."