Tips Atasi Cemas dengan Bernapas Metode 478

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
Ilustrasi bernapas. (zebrapen.com)

Ilustrasi bernapas. (zebrapen.com)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Psikolog Yudha Heka Satria mengatakan bernapas dengan metode 478 dapat membantu mengatasi cemas yang tiba-tiba datang. Ia pun menjelaskan makna pernapasan metode 478. "Cobalah bernapas dengan tarikan empat detik, lalu tahan tujuh detik, dan hembuskan selama delapan detik," katanya pada acara diskusi mengenai cara mengatasi kecemasan yang diikuti secara daring di Jakarta, Sabtu 20 Mei 2023.

Yudha mengatakan metode tersebut mampu membantu menenangkan pikiran serta membuat tubuh menjadi rileks ketika perasaan cemas datang secara tiba-tiba.

Selain itu, kata dia, upaya menenangkan pikiran juga dapat dibantu dengan visualisasi hal yang membuat pikiran dan jiwa menjadi tenang. "Misalnya, jika Anda menyukai pantai, atau pantai adalah tempat yang membuat kalian tenang, maka coba visualisasikan pantai ke dalam pikiran anda," ujarnya.

Menurut dia, dengan menenangkan pikiran, dapat membuat fokus kembali hadir dalam pikiran sehingga dapat melanjutkan kegiatan dengan normal. Selain itu, Yudha juga menganjurkan untuk memaksimalkan fungsi indera guna membantu menenangkan pikiran dan membuatnya kembali fokus.

"Caranya adalah dengan mencoba melihat sekeliling anda, ada benda apa di sana. Kalau anda melihat jam dan lampu, sebutkanlah. Gunakan indera anda, lihat dan sebutkan setidaknya lima benda," katanya.

Setelah itu, kata dia, setiap individu bisa mencoba untuk menyentuh benda apapun yang berada di sekitarnya, kemudian merasakan benda apa yang disentuhnya. Selanjutnya setiap individu bisa menghirup udara dan mengenali aroma yang dia kenali, serta mendengarkan suara dan mengenali suara apakah itu.

"Selain itu, juga dapat dibantu dengan minum air putih, karena itu melengkapi semua indera supaya pikiran kita dapat kembali fokus," ujarnya.

Yudha juga menyarankan setiap individu agar tetap bisa mengendalikan emosi dan fokus terhadap tujuan awal agar rasa kecemasan hilang dengan segera.

Pilihan Editor: Menilik Seberapa Penting Bercinta bagi Perempuan, Kurangi Cemas dan Tidur Lebih Cepat

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."