5 Tahap Mendampingi Anak dengan Alergi, Dimulai dari Deteksi Dini

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi anak bermain sendiri di dalam ruangan. Foto: Unsplash.com/Tanaphong Toochinda

Ilustrasi anak bermain sendiri di dalam ruangan. Foto: Unsplash.com/Tanaphong Toochinda

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta -  Tahukah Sahabat Cantika, jika kondisi alergi pada anak tidak hanya berpengaruh pada tumbuh kembang secara fisik tetapi juga psikologis. Hal itu dikatakan oleh Psikolog Irma Gustiana, menurutnya ada anak-anak dengan kondisi alergi, ada beberapa kondisi psikologis yang berpeluang dapat terjadi seperti gangguan daya ingat, kesulitan bicara, konsentrasi berkurang, hiperaktif dan lemas.

"Dampaknya anak akan menjadi cenderung kurang percaya diri saat bersosialisasi dengan teman sebayanya," ucap Irma di acara Festival Soya, Rabu, 10 Mei 2023. 

Lantas apa yang bisa orang tua lakukan? Simak langkah mendampingi anak dengan alergi seperti yang dipaparkan Irma berikut ini: 

1. Deteksi dini alergi anak

Lakukan beberapa tes alergi atau berkonsultasi dengan dokter, sehingga memungkinkan melakukan penanganan untuk mengatasi alergi yang dialami anak. Penanganan alergi sedini munhkin penting untuk mencegah ketidakcukupan gizi yang diperlukan untyk perkembangan otak yang optimal. 

2. Meningkatkan imunitas 

Imunitas masih dalam tahap pembentukan, semakin sempurna imunitasnya maka bisa jadi alergi yang dialami anak akan berkurang. Contohnya, memberikan nutrisi seimbang, jam istirahat cukup dan pola tidur teratur, asupan vitamin yang cukup, olahraga ringan bersama orang tua. 

3. Stimulasi akan yang tepat sejak dini 

Ajak anak bermain, permainan dapat membantu meningkatkan perkembangan motorik dan kognitif anak. Pilih permainan yang cocok untuk usia dan minat anak. Mengenalkan pada aktivitas membaca buku bersama agar dapat membantu meningkatkan keterampilan bahasa dan membantu anak belajar tentang dunia di sekitarnya. 

4. Menumbuhkan percaya diri 

Seringkali anak-anak yang alergi renyan terhadap rasa tidak percaya diri . Maka orang tua perlu untuk menumbuhkan rasa percaya dirinya dengan cara: Memberikan kasih sayang, jangan berikan label tertentu padanya, berikan anak motivasi untuk mencoba, dan puji usahanya dalam melakukan sesuatu. 

5. Menjaga kualitas emosi orang tua 

Apapun bentuk stimulasi yang diberikan pada anak untuk optimasi potensi anak, akan terhambat jika orang tua kurang terampil kelola emosi. Kecemasan yang dimikiki orang tua dalam mengasuh anak yang alami alergi perlu untuk dikelola, agar anak tetap berada dalam hubungan yang aman dan nyaman. 

Irma mengatakan kika anak berisiko atau mengalami kondisi alergi, sebaiknya dapat segera konsultasikan pada dokter ahli untuk mengetahui penyebab alergi pada si kecil dan menekan risiko dampak buruk tidak terjadi. 

"Selain itu, orang tua dengan anak yang memiliki kondisi alergi juga harus tetap bisa mendukung anak dengan memberikan stimulasi yang tepat sesuai dengan tahapan pertumbuhan anak agar anak dapat tumbuh menjadi anak generasi maju," pungkasnya. 

Pilihan Editor: Dokter: Alergi pada Anak Berangsur Membaik Seiring Pertambahan Usia

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."