Terinspirasi dari Bunga Khas Kolaka Timur, Ivan Gunawan Rilis Koleksi Anggrek Sorume

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-59 Provinsi Sulawesi Tenggara, IvanGunawan bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Kolaka Timur, Sulawesi Tenggara merilis koleksi Anggrek Sorume pada 14 Mei 2023. Foto: Dok. Ivan Gunawan

Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-59 Provinsi Sulawesi Tenggara, IvanGunawan bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Kolaka Timur, Sulawesi Tenggara merilis koleksi Anggrek Sorume pada 14 Mei 2023. Foto: Dok. Ivan Gunawan

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-59 Provinsi Sulawesi Tenggara, desainer Ivan Gunawan merilis koleksi eksklusif Mandjha Hijab bertajuk Anggrek Sorume pada Minggu, 14 Mei 2023 di Kolaka Timur. Bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Kolaka Timur, Sulawesi Tenggara itu, koleksi tersebut terinspirasi dari sorume, bunga khas Kolaka Timur tersebut.

“Anggrek Sorume adalah anggrek yang dilestarikan di wilayah Kolaka Timur. Jadi, anggrek itu adanya di tengah hutan, sangat indah. Inilah yang menginspirasi aku untuk membuat koleksi sebanyak 20 looks,” tutur Ivan dalam siaran pers yang diterima Cantika pada Selasa, 16 Mei 2023.

Menurut Bupati Kolaka Timur Abd. Aziz, Anggrek Sorume merupakan bunga khas yang hanya ada di Kolaka Timur.

“Sorume merupakan satu-satunya anggrek serat yang ada di daratan Sulawesi bahkan Indonesia, dan adanya hanya di Kolaka Timur/Mowewe. Maka Sorume inilah yang kami jadikan entitas tersebut dengan menamai Koltim sebagai Wonua Sorume”, ungkapnya.

Tentang Kolaborasi Igun dan Pemerintah Kolaka Timur

(kelima dari kiri) Ivan Gunawan merilis koleksi eksklusif Anggrek Sorume bekerja sama dengan Pemerintah Kolaka Timur, Sulawesi Tenggara. Foto: Dok. Ivan Gunawan

Igun sapaan akrab desainer 41 tahun itu juga mengungkapkan bahwa dia belum familiar dengan Kolaka Timur. Namun dia mengambil kesempatan emas yang menghampirinya untuk mengenal dan mengeksplor keindahan Nusantara.

"Terus terang, daerah ini masih asing buat aku. Lalu aku bertemu Bapak dan Ibu Bupati Kolaka Timur, Bapak Abd. Aziz, SH, MH. Beliau ingin mengangkat satu budaya khas Kolaka Timur untuk berkolaborasi dengan Ivan Gunawan dan jadilah koleksi eksklusif bertema Anggrek Sorume ini," jelasnya.

Selain bangga, Igun juga mengaku bahagia menjadi bagian dari kolaborasi ini. Karena semakin
menambah koleksi kain wastra nusantara yang diproduksi oleh Mandjha Hijab Ivan Gunawan.

Sementara itu, menurut Bupati Kolaka Timur, Abd. Aziz, kolaborasi dengan Igun salah satu langkah agar Kolaka Timur semakin dikenal di dalam maupun luar negeri.

“Kami memilih berkolaborasi untuk mengangkat nama daerah Kolaka Timur agar memiliki entitas yang bisa dengan mudah dikenal orang yaitu melalui motif bunga Anggrek Sorume. Dan kita semua tahu bahwa sebagai desainer, Ivan Gunawan sudah malang melintang di dunia fashion, maka sudah tepat kami menitipkan kolaborasi ini dengan beliau. Kami berharap Kolaka Timur tidak hanya dikenal secara lokal, tapi juga nasional bahkan internasional," ungkapnya.

Koleksi Anggrek Sorume

Miss Grand Indonesia 2022, Andina Julie memakai koleksi eksklusif Mandja Hijab bertajuk Anggrek Sorume. Foto: Dok. Ivan Gunawan

Koleksi eksklusif Anggrek Sorume by Mandjha Hijab Ivan Gunawan hadir dalam berbagai macam items, mulai dari kerudung, tunik hingga abaya. Ivan mengeluarkan koleksi dalam rangka mendekati musim Ibadah Haji dan Umroh.

"Desainnya masuk ke dalam trend Idul Adha yang bisa digunakan untuk kebutuhan Haji dan Umroh. Jenisnya ada tunik atau abaya. Dengan motif dari bunga Anggrek Sorume, busana ini semakin mempercantik tampilan. Selain itu, bahannya nyaman di segala cuaca, terlebih saat Haji dan Umroh. Dengan demikian, Insya Allah bisa membuat ibadah semakin khusyu,” ujar Ivan.

Sementara untuk bahannya, Ivan memakai bahan print motif Anggrek Sorume dan bordir khusus dari Anggrek Sorume.

Koleksi ini sendiri akan mulai dipasarkan di seluruh toko Mandjha Hijab Ivan Gunawan yang
tersebar di berbagai provinsi lewat sistem pre-order (PO) di website ivangunawan.co.id atau hijabmandjha.com ataupun customer service Mandjha Hijab yang ada di seluruh kota di
Indonesia. Untuk pengiriman ke customer dilakukan secara bertahap.

Pilihan Editor: Garis Poetih, Persembahan Ivan Gunawan untuk Desainer dan Buyers

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."