Garis Poetih, Persembahan Ivan Gunawan untuk Desainer dan Buyers

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Desainer Ivan Gunawan menjelaskan konsep Garis Poetih di Ciputra Artpreneur, Jakarta Selatan, pada Senin, 28 November 2022. Foto: Dok. Istimewa

Desainer Ivan Gunawan menjelaskan konsep Garis Poetih di Ciputra Artpreneur, Jakarta Selatan, pada Senin, 28 November 2022. Foto: Dok. Istimewa

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta -  Selama 20 tahun berkarier dalam industri kreatif dan fashion, Ivan Gunawan tidak pernah kehabisan ide dan cara berkarya. Kali ini, Igun sapaan akrabnya mencetuskan ide untuk mengajak para perancang busana dan industri kreatif membuat lebih banyak penjualan dari koleksi mereka lewat Garis Poetih.

“Garis Poetih adalah sebuah platform fashion parade. Aku ingin mengajak dan merangkul bersama para desainer untuk memajukan industri fashion Indonesia untuk bisa menggelar fashion show dengan konsep bisnis yang menguntungkan," ungkap ivan ditemui di Ciputra Artpreneur, Jakarta Selatan, pada Senin, 28 November 2022.

Lantas apa bedanya Garis Poetih dengan peragaan busana lainnya? Igun menjelaskan bahwa Garis Poetih akan menjadi "jembatan" antara pemilik brand dan para pembeli baik atau buyers di pasar lokal maupun pasar global. Pemilik brand bisa mendapatkan reseller baru, sementara reseller bisa mendapatkan koleksi eksklusif dari pemilik brand

"Yang berbeda dari event fashion lainnya, teman-teman desainer yang mengikuti platform di Garis Poetih ini, selain mempresentasikan karya, nantinya akan mendapatkan pembeli yang baru. Tamu-tamu yang hadir sebagian besar teman-teman reseller, agen selain media dan penikmat mode," ungkapnya.

Saat ditanya soal konsep peragaan busana Garis Poetih, Igun mengatakan simpel jadi kuncinya. Tidak ada dekorasi atau hiasan di sekitar runway. Hanya ada panggung berbentuk garis putih dengan panjang kurang lebih 40 meter.

"Saya punya prinsip bahwa segala sesuatu yang berada di garis putih itu pasti akan terlihat. Aku yakin sekali teman-teman desainer yang mempresentasikan karyanya di atas garis putih ini akan semakin terlihat," tutur Igun.

Adapun program yang diadakan Garis Poetih adalah peragaan busana, pameran “Fashion & Trade Grow Together", dan talkshow. Diselenggarakan oleh Mega Bintang Production dan official venue by Ciputra Artpreneur.

Rencananya Garis Poetih akan dilaksanakan selama 3 hari, yakni pada tanggal 15, 16, dan 17 Februari 2023. Selama tiga hari itu, akan ada 12 slot show dan per harinya dihelat 4 show. Setiap desainer akan memamerkan 32 koleksinya. Garis Poetih juga menyediakan ruangan dealing buyers.

Salah satu alasan penyelenggaraan Garis Poetih dilakukan di bulan Februari karena menjelang bulan Ramadan 2024. Maka dari, koleksi yang akan dipamerkan sebagian besar adalah koleksi busana modest, termasuk Ivan Gunawan akan memamerkan koleksi Rayya dari Mandja Hijab. Pertimbangan lain mengangkat tema busana modest di Garis Poetih edisi perdana adalah melihat tingginya minat busana modest dari waktu ke waktu. Maka dari itu, diundang sejumlah pembeli internasional dari Dubai, Qatar, Malaysia hingga Brunei Darussalam.

Baca juga: Ivan Gunawan Tampilkan Gaya Metropolitan Modest Women, Ciri Khas Detail Monogram

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."