Detail Koleksi Time Flies Ivan Gunawan, Corak Kupu-kupu hingga Bold Monokrom

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ivan Gunawan meluncurkan koleksi Hari Raya Idul Fitri 2022 dari lini Mandjha Hijab bertema

Ivan Gunawan meluncurkan koleksi Hari Raya Idul Fitri 2022 dari lini Mandjha Hijab bertema "Time Flies", di Bandung, Rabu, 23 Februari 2022. Cantika/Silvy Riana Putri

IKLAN

CANTIKA.COM, Bandung - Menyambut Hari Raya Idul Fitri 2022 pada awal Mei mendatang, perancang busana Ivan Gunawan merilis koleksi Mandja Hijab dengan tema "Time Flies". Koleksi tersebut terinspirasi dari kupu-kupu.

Ivan mengungkapkan kupu-kupu merefleksikan metamorfosis sempurna dari bahan mentah menjadi pakaian yang dirancang berkualitas. Selain dijadikan corak pada sejumlah koleksi, runway tampak cantik dihias dengan instalasi potongan origami kupu-kupu putih.

Soal desain busana, Ivan mengaku gaya simpel masih menjadi andalannya mengingat Lebaran tahun ini merupakan kali ketiga di tengah pandemi Covid-19. Kenyamanan saat berlebaran dengan keluarga inti atau keluarga besar di rumah saja sekaligus tetap modis jadi bahan pertimbangannya.

Very simple, nggak terlalu aneh-aneh, karena Lebaran kita belum bisa gaspol seperti tahun-tahun sebelumnya, tetap rata-rata sifatnya hanya keluarga kecil, banyak yang melakukan perayaan Lebaran di rumah,” ujar Ivan usai peragaan busana di Gedong Putih, Bandung, Jawa Barat, Selasa, 23 Februari 2022.

Ivan Gunawan meluncurkan koleksi Hari Raya Idul Fitri 2022 dari lini Mandjha Hijab bertema "Time Flies", di Bandung, Rabu, 23 Februari 2022. Cantika/Silvy Riana Putri

Detail 30 koleksi Mandjha Hijab terdiri dari tunik asimetris, padu padan tunik dengan celana palazzo, tunik dengan ruffle di tangan dan juga rok plisket. Adapula desain busana abaya panjang dan longgar.

Ivan juga menggunakan bahan-bahan yang tidak mudah lecek,seperti cotton embroidery untuk fancy looksoft touch fabric untuk shiny elegance look, sifon untuk fancy look dan flowly shape.

Warna yang dihadirkan pun sangat beragam, mewakili semua warna kulit perempuan Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Koleksi ini menampilkan warna pastel seperti biru muda, hijau, abu-abu, peach, dan merah muda, dan ditutup dengan warna hitam dengan motif kupu-kupu putih.

Soal motif, Ivan mengatakan itu salah satu primadona dari koleksi Mandja Hijab yang diluncurkan lima tahun lalu. Desainer 40 tahun itu mengaku setiap motif di koleksinya dirancang dan dicetak eksklusif, sehingga tidak bisa ditemukan di merek lain.

“Semua motifnya nggak ada motif yang kami beli, semua motif kami buat sendiri karena eksklusif. Jumlahnya pun yang busana Hari Raya sangat limited,” imbuhnya.

Model kerudung yang dipakai ada yang persegi panjang, segi empat biasa, voal, satin, dan plisket. Igun sapaan akrabnya juga menambahkan detail jepit ukuran besar.

Ivan Gunawan merilis koleksi Ivan Gunawan Prive Raya Collection 2022 di Gedong Putih, Jawa Barat, pada Rabu, 23 Februari 2022. Foto: Dok. Ivan Gunawan

Ivan Gunawan Prive

Selain Mandjha Hijab, dalam fashion show kali ini juga menampilkan koleksi busana Ivan Gunawan Prive dengan monogram logo Ivan Gunawan Prive sebagai motif utama.

Ciri khas logo Ivan Gunawan Prive dieksplorasi menjadi motif yang merepresentasikan kemewahan, elegan dan tidak lekang oleh waktu. Logo tersebut ditampikan dalam berbagai jenis produk seperti kerudung, tunik, luaran atau outer, celana, hingga gaun.

Terinspirasi dari gaya modest modern, koleksi yang dipamerkan kali ini terdiri dari one set outfit, dress a line,  blouse, outer, belt logo , pashmina pleats,  scarf laser cut,  knitted set,  knitted dress dan pants pleats.

Desainer Ivan Gunawan merilis koleksi Hari Raya 2022 lini Ivan Gunawan Prive di Bandung, Rabu, 22 Februari 2022 (TEMPO/Mila)

Untuk warna, koleksi Ivan Gunawan Prive bernuansa pastel, hitam, dan putih, merepresentasikan gaya yang tak lekang oleh waktu para wanita modern yang mencari keanggunan dan kemewahan.

Harga yang ditawarkan lini Mandjha Hijab mulai dari Rp199 ribu untuk kerudung dan mulai dari Rp350 ribu-Rp1,5 juta untuk busana. Adapun Ivan Gunawan Prive mulai dari Rp399 ribu untuk kerudung dan mulai dari Rp500 ribu-Rp5 juta untuk busana.

Perbedaan keduanya terletak pada jenis bahan, kualitas bahan, teknik print, dan detail. "Karena di Prive, aku pakai swarovski, efek bordir-bordiran, ada yang 3D (cutting)," tandas Igun.

Di peragaan busana tersebu, Ivan Gunawan didukung oleh sejumlah pihak di antaranya JNE, MS Glow, MK Daily Wear, YT Gold, Suka Mask dan Ivan Gunawan Cosmetic. Khusus untuk JNE, perusahaan yang bergerak di bidang pengiriman dan logistik itu memberikan pelayanan khusus kepada para konsumen Mandjha Hijab berupa pengiriman bebas biaya untuk pengantaran Mandjha Hijab ke seluruh Indonesia, mengingat Igun adalah duta mereknya.

Baca juga: Atalia Praratya Suka Desain Baju Ivan Gunawan: Bisa Dinikmati dan Dipakai

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."