Jatuh Bangun Perjalanan Hijrah Oki Setiana Dewi, Ibunda Punya Andil Besar

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Oki Setiana Dewi/Foto: Instagram/Oki Setiana Dewi

Oki Setiana Dewi/Foto: Instagram/Oki Setiana Dewi

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaOki Setiana Dewi, pendakwah, artis, dan penulis kelahiran 13 Januari 1989 yang saat ini berusia 34 tahun. Dalam perjalanannya menjadi seorang pendakwah tentu saja banyak rintangan di dalamnya yang tentu tak mudah untuk dilewati. Oki Setiana Dewi membagikan perjalanan hijrahnya dalam podcast bersama Melaney Ricardo. Bagaimana kisahnya?

Seringkali kita melakukan perubahan ketika ada perubahan pula dalam hidup kita. Setiap orang diuji oleh Allah SWT dengan ujian yang berbeda-beda. Sama halnya dengan Oki, ia beserta keluarga diuji oleh penyakit-penyakit yang tidak biasa.  "Waktu Oki usia 16 tahun, ibu Oki dengan penyakit namanya autoimun pemfigus vulgaris," ungkap Oki.

Penyakit autoimun ini membuat penderitanya seperti mengalami seluruh kulitnya melepuh seperti orang habis terbakar, dari ujung kepala hingga ujung kaki. Bahkan, hingga mata, mulut, dan kuku. 

Setelah itu, Oki kembali bercerita bahwa sang ibu harus menjalani pengobatan di Jakarta yang pada saat itu keluarga mereka semuanya tinggal di Kepulauan Riau, termasuk Ria Ricis sang adik. Oki dan sang ibu pun ke Jakarta demi melangsungkan pengobatan. Pada titik itu, Oki berbagi bahwa melihat orang meninggal sudah biasa untuknya.

Lebih lanjut, ketika dokter berkata bahwa sang ibu tak dapat sembuh, di situlah titik balik hidup seorang Oki Setiana Dewi. Ia perlahan mulai memperbaiki diri, berdoa kepada Tuhan demi kesembuhan sang Ibu, belajar untuk mengenakan hijab, dan memperdalam ilmu agama. Di sela waktunya merawat sang ibu, Oki pun kerap mengajar ngaji kepada anak-anak kecil serta turut meminta doa untuk kesembuhan sang ibu.

Rintangan perjalanan hijrah Oki tak berhenti di situ. Pada saat ia memantapkan diri untuk berhijab, ia mendapat tawaran peran yang sudah ia nanti-nantikan sebelum mengenakan hijab. Namun, tawaran tersebut tidak memperbolehkannya untuk mengenakan hijab. Hingga akhirnya, Oki diuji berdoa kepada Allah meminta pertolongan. 

Hingga ketika keadaan mulai terkendali, Oki mendapat kesempatan untuk mengikuti casting Ketika Cinta Bertasbih. Ia tak ada gambaran akan menjadi pemeran utama dalam film tersebut, Oki mengikuti casting murni hanya sebagai penggemar yang ingin meminta tanda tangan dari sang penulis novel serta memberikan ucapan terima kasih, karena berkat novel tersebut Oki mampu untuk kuat selama masa terpuruknya itu. 

Mengakhiri ceritanya, Oki berbagi bahwa ketika Tuhan sudah berkehendak, adalah hal yang mudah untuk membolak-balikkan keadaan termasuk hati seseorang, dulu dikejar mati-matian, sekarang dengan mudah didapat. 

Pilihan Editor: Setelah Ria Ricis Menikah, Oki Setiana Dewi Rindukan Hal Ini

WIDYA FITRIANINGSIH

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."