Tanda Mata Kamu Alergi Maskara; Berair, Gatal, dan Bengkak

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi wanita menggunakan maskara. Freepik.com/Cookie_studio

Ilustrasi wanita menggunakan maskara. Freepik.com/Cookie_studio

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Menemukan maskara terbaik untuk mata sensitif terdengar seperti permintaan yang sangat spesifik untuk produk riasan, terlebih riasan mata. Hal ini membuat orang-orang mencari tanpa henti apa produk terbaik untuk mata sensitif. 

Menemukan maskara terbaik secara umum bisa jadi sulit, terutama jika kamu menginginkan maskara yang bisa melakukan semuanya: memanjangkan, menambah volume, dan menahan ikal-semuanya mudah dilepas dan bebas serpihan. 

Tanda mata sensitif

Tanda-tanda yang biasa terjadi pada mata sensitif jika mengenakan riasan mata termasuk "kemerahan kelopak mata atau mata itu sendiri, mata berair, gatal atau terbakar, mata bengkak, dan penglihatan kabur," kata Ashley Brissette, MD, seorang dokter mata di Kota New York dan pendiri merek perawatan mata Daily Practice. "Jika kamu mengalami salah satu dari ini, itu bisa berarti dirimu memiliki kepekaan atau bahkan alergi terhadap bahan riasan mata."

Pemicu alergi yang paling sering dikeluhkan adalah wewangian sintetis, paraben, ftalat, tar batubara (yang digunakan dalam konsentrasi terbatas), polietilen glikol (agen pengental), dan formaldehida-yang tidak umum lagi, tetapi masih dapat ditemukan dalam formula tertentu, katanya.

Meskipun sulit untuk membuat generalisasi tentang bahan mana yang harus dihindari, ada beberapa strategi yang dapat kalian coba. Sebagai permulaan, carilah maskara hipoalergenik yang telah teruji dokter mata yang "aman untuk kulit sensitif dengan pengujian keamanan yang sangat baik," kata Dr. Brissette. 

Dia juga menyarankan untuk menghindari formula tahan air bila memungkinkan. "Sangat sulit memilih maskara untuk kulit yang sensitif, sehingga kamu akhirnya memakai produk apapun di kulit kelopak mata dan bulu mata yang halus, dan dapat menyebabkan kerusakan dan iritasi," jelasnya.

Semakin banyaknya formula inovatif yang dirancang dengan mempertimbangkan mata yang indah, sebagian besar opsi sekarang benar-benar menggiurkan. Apa Saja?

Maskara Terbaik Secara Keseluruhan Tahun 2023:

1. Terbaik secara keseluruhan: Clinique High Impact Mascara

2. Mascara terbaik kategori drugstore: Maybelline Full 'N Soft Mascara

3. Terbaik versi brand luxury: Lancôme Definicils High Definition Mascara

4. Terbaik untuk clean look: Ilia Limitless Lash Mascara

5. Terbaik versi tube: Merit Clean Lash Lengthening Tubing Mascara

Pilihan Editor: Rahasia Bulu Mata Indah Milik Reese Witherspoon, Pakai Maskara dari Bahan Alami

WIDYA FITRIANINGSIH | GLAMOUR

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."