Seberapa Sering Perlu Potong Rambut? Ini Kata Penata Rambut

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita potong rambut. Freepik.com/Racool_studio

Ilustrasi wanita potong rambut. Freepik.com/Racool_studio

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Seperti perjalanan ke dokter gigi untuk pembersihan rutin atau perawatan wajah untuk menjaga kulit Anda, ada jadwal yang disarankan untuk potong rambut meskipun aturannya tidak kaku. Ada beberapa faktor yang berkontribusi dalam potong rambut termasuk rambut bercabang, seberapa banyak kerusakan yang Anda alami (dari penataan panas, pewarnaan, dan sebagainya), seberapa cepat rambut Anda tumbuh, hingga apa tujuan Anda memotong rambut secara keseluruhan.

Di masa kanak-kanak, orang tua kita sering memesan janji temu potong rambut. Kala dewasa, semuanya kembali kepada Anda. Anda yang paling tahu kondisi rambut Anda, tetapi tidak ada salahnya berkonsultasi dengan profesional. Devin Toth, penata rambut di SCK Salon di New York, Amerika Serikat, menyarankan memotong rambut tiga bulan sekali untuk menjaga kesehatan rambut.

"Anda harus memotong rambut Anda setiap tiga bulan sekali untuk menghilangkan ujung rambut bercabang Anda," kata Toth seperti dikutip dari PopSugar, Sabtu, 13 Mei 2023.

Dia juga merekomendasikan membuat janji jauh sebelumnya dan menandai kalender Anda dengan penata rambut. "Penting untuk memiliki jadwal perawatan rambut, yang mencakup janji temu salon yang telah dipesan sebelumnya. Jadi,  Anda tidak akan pernah ketinggalan dalam perawatan rambut Anda."

Jika Anda ingin mempertahankan gaya rambut Anda saat ini, tanyakan kepada penata rambut atau hair stylist Anda seberapa sering mereka menyarankan Anda datang untuk membuat janji. Bergantung pada potongan yang Anda miliki, jumlah waktu antar potongan akan bervariasi.

"Gaya rambut pixie harus dipotong setiap empat minggu; bob atau lob dapat dipotong setiap enam hingga delapan minggu," kata Toth.

Untuk gaya lain, aturan praktis memotong rambut yang baik adalah sekitar dua bulan. "Rata-rata rambut Anda tumbuh setengah inci setiap bulan," kata Toth. "Jadi, jika Anda ingin mempertahankan panjangnya saat ini, minta saja penata rambut Anda memotong satu inci."

Pilihan Editor: Perlukah Keramas Sebelum Potong Rambut? Ini Kata Hair Stylist

POPSUGAR

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."