Perlukah Keramas Sebelum Potong Rambut? Ini Kata Hair Stylist

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi keramas di salon. Foto: Freepik.com

Ilustrasi keramas di salon. Foto: Freepik.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Masih bingung apakah perlu keramas sebelum potong rambut atau tidak? Jika iya, kamu tidak sendirian. Ada sejumlah perempuan yang masih meragu terkait kebersihan rambutnya sebelum potong rambut. Menurut Gina Rivera, penata rambut (hair stylist) dan pemilik Phenix Salon Suites, keramas sebelum potong rambut atau tidak tergantung pada jenis potongan rambut.

Jika jenis rambut Anda kering, Anda pasti ingin datang ke salon dengan rambut yang baru dicuci. "Penumpukan pada rambut dapat membebani dan rambut dapat ditata secara berbeda dari saat masih segar dan bersih," kata Rivera kepada laman PopSugar, pada Sabtu, 4 Februari 2023.

Selain jenis rambut, model potongan rambut yang akan dilakukan juga turut menentukan keramas atau tidak sebelum potong rambut. Bila Anda hanya ingin trim rambut, potong poni, atau Anda ingin menambahkan sedikit lebih banyak lapisan untuk volume, hair stylist Anda mungkin lebih cenderung memotong rambut tanpa dicuci sebelumnya. Teknik ini juga lebih umum pada rambut lurus yang mencari lebih banyak bentuk dibandingkan ikal atau gelombang.

Jika Anda biasanya memotong rambut saat basah - yang merupakan metode paling umum - ceritanya berbeda. "Banyak hair stylist akan memilih untuk mencuci rambut sebelum memotong karena kebanyakan lebih suka memotong rambut dalam keadaan basah daripada kering."

Ini terutama benar ketika Anda ingin menghilangkan satu inci atau lebih dari ujungnya, memiliki ikal atau gulungan yang dapat diuntungkan dari peregangan sebelum memotong, atau ingin menambahkan lebih banyak tekstur dan lapisan. 

Bila Anda mengunjungi salon atau hair stylist baru dan tidak yakin apakah mereka akan memberi Anda potongan kering atau basah, Anda selalu dapat menelepon sebelumnya dan bertanya.

Perlukah Keramas Sebelum Mewarnai Rambut?

Ini sedikit berbeda jika Anda pergi ke salon untuk janji temu warna rambut. Anda pasti menginginkan rambut yang bersih dan kering untuk jenis janji temu ini. "Pastikan rambut Anda kering sebelum mewarnai rambut, sehingga penata rambut dapat menilai kebutuhan Anda dengan tepat dan mengaplikasikan warna," kata Rivera.

Hal itu juga bermanfaat untuk mengetahui bahwa Anda tidak perlu menunggu untuk keramas lagi setelah mengecatnya untuk mengatur warnanya, seperti yang dipikirkan banyak orang. Anda dapat melanjutkan dan mencucinya kapan pun Anda mau, asalkan Anda menggunakan produk pengawet warna rambut yang tepat.

Perlukah Keramas Sebelum Janji Tata Rambut?

Untuk janji tata rambut — baik untuk acara besar, pernikahan, prom, atau wisuda — Anda pasti ingin tampil dengan rambut yang bersih, tetapi tidak terlalu bersih. "Seringkali, saat berurusan dengan tata rambut, mencuci rambut sehari sebelumnya adalah yang terbaik karena memungkinkan klien datang ke salon dengan rambut yang benar-benar kering dan siap ditata," kata Rivera.

Menurutnya, rambut hari kedua lebih mudah untuk dikerjakan dan memiliki gaya yang lebih baik. Tetapi jika Anda akhirnya mandi sebelum janji temu, tidak apa-apa - penata rambut selalu dapat menggunakan semprotan tekstur untuk memberikan tekstur pada rambut.

Semoga artikel di atas bisa membantu Sahabat Cantika yang masih ragu keramas sebelum potong rambut atau tidak, begitu pula dengan pewarnaan dan tata rambut.

Baca juga: 7 Faktor yang Mempengaruhi Seberapa Sering Harus Keramas

POPSUGAR

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."