6 Tanda Pasangan Belum Dewasa Secara Emosional

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi pasangan bertengkar. Foto: Freepik.com/Drazen Zigic

Ilustrasi pasangan bertengkar. Foto: Freepik.com/Drazen Zigic

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Apakah emosi pasangan kamu kerap meledak-ledak dan suka melakukan penyerangan personal? Bisa jadi itu tanda pasangan belum dewasa secara emosional. Kondisi tersebut hasil dari cara dia dibesarkan oleh orang tua, pengasuh, dan keluarga. Ketika dibesarkan dalam rumah tangga yang disfungsional di mana dia harus menekan kebutuhan emosional diri sendiri untuk merawat orang lain dan menjaga kedamaian di rumah, dia tumbuh menjadi orang dewasa yang tidak mampu menciptakan ruang sehat dalam hubungan dewasa mereka sendiri.

Namun tak perlu risau, ketidakdewasaan secara emosional bisa diperbaiki menurut psikolog Nicole LePera. “Kita semua bisa menjadi lebih dewasa secara emosional. Kita dapat mengembangkan keterampilan dan pengaturan emosi untuk menjalani kehidupan dengan cara baru,” ungkapnya dikutip dari Hindustan Times, Rabu, 10 Mei 202.

Untuk lebih memahami, berikut ini tanda pasangan belum dewasa secara emosional yang perlu kita ketahui bersama.

1. Emosi Meledak-ledak

Pasangan yang belum dewasa secara emosional tidak tahu bagaimana memproses emosi yang sulit seperti kemarahan. Oleh karena itu, mereka memilih untuk bereaksi terhadap situasi seperti itu secara instan, daripada menanggapinya dengan penuh perhatian.

2. Mempermalukan

Mempermalukan adalah langkah klasik dari orang yang belum dewasa secara emosional yang terus membuat kamu merasa tidak enak karena dapat mengekspresikan emosi kamu, hanya karena mereka tidak mampu melakukannya.

Baca juga: 10 Tanda Kamu Belum Dewasa dalam Hubungan, Sering Membanding-bandingkan dan Sulit Akui Kesalahan

3. Bersikap seperti Anak Kecil

Tanda pasangan belum dewasa secara emosional selanjutnya adalah bersikap seperti anak kecil. Ketika tidak dapat menangani situasi yang tidak berjalan sesuai rencana, dia bersikap menyalahkan, menghindar daripada mengatasinya.

4. Serangan Pribadi

Mereka melihat segala sesuatu sebagai cara serangan pribadi dan tersinggung oleh hal-hal kecil.

5. Menunda Mengatasi Masalah

Suka menunda mengambil tindakan terhadap masalah adalah tanda berikutnya pasangan belum dewasa secara emosional. Ketidakdewasaan emosional adalah tentang menghindari masalah dan berharap masalah itu hilang dengan sendirinya, daripada mengatasinya.

Mereka tidak dapat menangani masalah dalam suatu hubungan. Mereka selalu ingin mendapatkan segala sesuatunya dengan mudah dan memotong ketidaknyamanan sekecil apa pun.

Halitu disebabkan mereka memiliki sejarah hubungan disfungsional, karena mereka mencoba untuk keluar dari hal-hal segera setelah mereka mulai merasa sulit.

6. Terobsesi Penampilan Sempurna 

Pasangan yang belum dewasa secara emosional terobsesi dengan penampilan untuk membuat hubungan dan kehidupan mereka terlihat sempurna bagi orang lain.

Pilihan Editor: 8 Tanda Pasangan Melakukan Pelecehan Emosional

HINDUSTAN TIMES

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."