10 Tanda Kamu Belum Dewasa dalam Hubungan, Sering Membanding-bandingkan dan Sulit Akui Kesalahan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi bertengkar. Shutterstock

Ilustrasi bertengkar. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kedewasaan kamu dan pasangan adalah salah satu fondasi penting dalam membina hubungan. Jika belum dewasa secara emosional ataupun pikiran, maka mungkin bereaksi terhadap situasi dengan cara yang terlalu kekanak-kanakan atau mengelak dari tanggung jawab. Berikut sejumlah tanda kamu belum dewasa dalam hubungan.

1. Sering Bersikap Egois

Jika kamu hanya memikirkan tentang diri sendiri dalam berbagai hal tanpa menyertakan pasangan di dalamnya, itu tanda kamu dalam hubungan. Ingatlah, dalam hubungan ada "kita", bukan "aku".  Di situlah, indahnya untuk menyayangi sekaligus belajar memahaminya.

2. Ingin Selalu Nyaman

Masalah terbesar yang cenderung dimiliki orang yang belum dewasa dalam hubungan adalah komunikasi. Perilaku kasar secara emosional seperti menghalang-halangi, bersikap dingin, atau marah saat pasangan membicarakan sesuatu yang mengganggu kamu, itu tanda menunjukkan seseorang yang tidak pernah belajar bagaimana membicarakan sesuatu dengan cara dewasa.

Sayangnya, perilaku seperti ini akan membunuh bahkan cinta terkuat yang bisa kamu miliki untuk mereka pada waktunya. 

3. Selalu Bergantung dan Berharap Lebih kepada Pasangan

Jika kamu mengharapkan pasangan untuk mendukung secara finansial, memasak, membersihkan, sekaligus memuaskan secara seksual, kamu akan mengalami saat yang buruk. Tak hanya belum dewasa, hubungan tidak sehat ini akan berujung salah satu pasangan sangat membenci yang lain.

4. Sulit Akui Kesalahan

Dalam hubungan yang dewasa, kamu dan pasangan bisa mengakui kesalahan. Jika kamu tidak dapat melakukan itu, berarti kamu menghambat mengenal satu sama lain. Dari kesalahan kamu atau pasangan, kamu semakin belajar sifat dan karakter masing-masing dalam hubungan.

5. Sering Memprovokasi

Orang yang dengan sengaja melakukan hal-hal yang memprovokasi atau membuat pasangan marah, itu pertanda kamu belum bisa menghadapi perasaannya sendiri. Kamu belum bisa mengelola emosi dengan cara yang tenang dan dewasa.

6. Suka Membanding-bandingkan

Mayoritas orang tidak suka dibanding-bandingkan, termasuk kamu. Jika kamu kerap membanding-bandingkan pasangan dengan orang lain, itu tak hanya tanda kamu belum dewasa, juga menyakiti perasaan orang yang kamu sayang. Demi keutuhan hubungan, alangkah baiknya kamu segera mengubah perilaku tersebut.

7. Sering Mengkhawatirkan Pendapat Orang Lain

Jika pendapat orang lain lebih penting daripada pendapat pasangan atau pendapat kamu sendiri, itu tanda kamu belum dewasa. Sebab selau mencari persetujuan atas keinginan orang lain, dan menjadikan kehidupan orang menjadi paramater kebahagiaan.

Jika itu yang sedang alami, segera ubahlah. Ingat, kebahagiaan hubungan kalian berdua, hanya kamu dan pasangan yang paling tahu.

8. Kerap Bertengkar di Ruang Publik

Salah satu tanda kamu belum dewasa dalam hubungan selanjutnya adalah kerap bertengkar di ruang publik. Tindakan tersebut tak hanya membuat kalian berdua malu, tapi juga mengekspos masalah privasi ke publik. 

9. Sering Mengungkit Masalah yang Telah Lalu

Saat berbeda pendapat, apakah kamu kerap mengungkit-ungkit masalah yang telah lalu? Jika iya, itu termasuk tanda belum dewasa dalam hubungan. Jika kamu dan pasangan sedang membicarakan satu masalah, fokus pada hal tersebut dan cari solusi bersama. 

Bila kamu mengungkit-ungkit kesalahan lalu, dengan sengaja kamu membuat pasangan terpojok dan membuat masalah baru.

10. Curhat di Media Sosial

Jika kamu kerap membagikan masalah hubungan di media sosial, itu berarti kamu belum menggunakan secara tepat. Dalam hubungan, hanya kamu dan pasangan yang paling tahu kondisinya. Jika butuh pandangan atau saran, berceritalah kepada konselor hubungan atau mediator kepercayaan kalian berdua. 

Baca juga: 4 Cara Bersikap Dewasa dalam Hubungan, Biasakan Akui Kesalahan dan Minta Maaf

YOUR TANGO

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."