Sejarah Kalung Penobatan yang Dipakai Ratu Camilla, Istri Raja Charles III

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Raja Charles III dan Ratu Camilla saat upacara penobatannya di Westminster Abbey, London. Sabtu 6 Mei 2023. Victoria Jones/Pool via REUTERS

Raja Charles III dan Ratu Camilla saat upacara penobatannya di Westminster Abbey, London. Sabtu 6 Mei 2023. Victoria Jones/Pool via REUTERS

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Penampilan keluarga Kerajaan Inggris di acara penobatan Raja Charles III pada Sabtu siang, 6 Mei 2023, waktu Inggris mencuri perhatian. Tak terkecuali istri raja, Ratu Camilla. Ibu sambung Pangeran William dan Pangeran Harry itu diketahui memakai kalung penobatan ikonik.

Dari sejarahnya, kalung itu berasal dari tahun 1858. Awalnya dirancang oleh Garrard untuk Ratu Victoria. Sejak saat itu dikenakan oleh setiap ratu untuk setiap penobatan, terakhir untuk mendiang Ratu Elizabeth II ketika dia dinobatkan pada tahun 1953.

Perhiasan spektakuler ini terbuat dari 25 berlian cemerlang bertingkat yang diambil dari lencana garter tua serta gagang pedang seremonial, bersama dengan liontin 22,48 karat, yang dikenal sebagai Berlian Lahore.

Busana Ratu Camilla di Penobatan Raja Charles III

Selain kalung bersejarah dan ikonik itu, Ratu Camilla juga mengenakan jubah negara Ratu Elizabeth, bersama dengan gaun penobatan gading yang dirancang oleh Bruce Oldfield berhias sulaman karangan bunga perak dan emas.

Bunga nasional Inggris Raya - mawar, onak, daffodil, dan shamrock - dijahit di sepanjang keliman dan ujung lengan.

Mahkota Ratu Camilla

Selama upacara penobatan sebagai ratu, Camilla dimahkotai dengan hiasan kepala yang digunakan Ratu Mary pada tahun 1911, dengan beberapa modifikasi beberapa potongan dari koleksi perhiasan Ratu Elizabeth II. Hal itu dilakukan Camilla untuk memberi penghormatan kepada mendiang ibu mertuanya di acara bersejarah itu.

Busana Raja Charles III

Sementara itu, Raja Charles, 74, mengenakan pakaian yang mendalami tradisi kerajaan. Dia dimahkotai dengan Mahkota St. Edward, yang dibuat untuk Raja Charles II pada tahun 1661 dan hanya digunakan pada saat penobatan.

Setelah upacara, Raja Charles mengenakan Imperial State Crown berkilauan, yang digunakan pada Pembukaan Parlemen Negara setiap tahun.

Raja Charles dan Ratu Camilla memiliki lebih banyak kesempatan untuk bersinar saat mereka melakukan perjalanan kembali ke Istana Buckingham dengan Kereta Negara Emas, kereta kuda yang terbuat dari kayu berlapis emas. Kereta tersebut telah digunakan di setiap penobatan sejak George IV pada tahun 1821.

Pilihan Editor: Detail Penampilan Kate Middleton di Penobatan Raja Charles III, dari Headpiece, Busana hingga Perhiasan

PAGE SIX

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."