5 Cara Menata Dapur Lebih Rapi dan Fungsional

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi dapur modern dengan warna hangat. hgtvhome.sndimg.com

Ilustrasi dapur modern dengan warna hangat. hgtvhome.sndimg.com

IKLAN

4. Pikirkan Tentang Penempatan

Setelah semuanya beres, saatnya menata kembali dapur menjadi lebih baik dari sebelumnya.

  • Tempatkan Barang Secara Strategis

"Mulailah dengan meletakkan piring dan gelas sehari-hari di dekat mesin pencuci piring agar mudah dibongkar pasang," Marissa Hagmeyer, salah satu pendiri Neat Method merekomendasikan.

"Selanjutnya, buatlah zona-zona, seperti tempat membuat kopi, berdasarkan rutinitas harian Anda. Ini bisa berarti menempatkan biji kopi, filter, dan cangkir di dekat mesin pembuat kopi Anda," lanjutnya.

Selanjutnya, letakkan barang-barang di sebelah area di mana barang-barang tersebut digunakan, seperti handuk cuci piring di sebelah wastafel dan panci dan wajan di sebelah kompor.

Terakhir, pastikan laci-laci atas dan rak-rak yang dapat dijangkau lengan digunakan untuk barang-barang yang paling sering digunakan.

  • Carilah Ruang Penyimpanan di Tempat Lain

Jika kamu hanya menggunakan wajan pemanggang besar selama liburan, carilah tempat penyimpanan lain di garasi, loteng, ruang bawah tanah, atau lemari lain.

Barang-barang musiman lainnya, seperti pemotong kue bertema liburan, dapat disimpan dengan dekorasi liburan. Dan, peralatan memasak di luar ruangan musiman dapat disimpan bersama perlengkapan berkemah, atau perlengkapan cuaca hangat lainnya yang mungkin akan kamukeluarkan pada waktu yang sama.

  • Tambahkan Alat Pengorganisasian

Kebanyakan dapur hanya menawarkan apa yang kita butuhkan untuk tetap terorganisasi, jadi beberapa produk strategis dapat membantu untuk menyesuaikan ruang dengan kebutuhan kamu.

"Lemari dapur biasanya tidak membutuhkan banyak produk, tapi laci-laci bisa mendapatkan manfaat dari pengatur untuk memberikan batas-batas pada kategori kamudan mencegahnya bergeser," kata Murphy.

Manfaatkan juga ruang vertikal untuk menambahkan rak dangkal atau pengait di bagian dalam kabinet dan pintu dapur untuk memanfaatkan setiap inci ruang.

Atau, tambahkan rak pot yang dipasang di dinding atau langit-langit untuk mengosongkan ruang di dalam lemari dapur. Jangan lupakan ruang di antara lemari atau rak atas dan meja dapur.

Ini adalah tempat yang sempurna untuk menggantung handuk kertas atau menambahkan strip magnetik untuk pisau dan peralatan lainnya.

5. Beri Label pada Rak atau Kotak

Jika kamu tinggal bersama orang lain, tambahkan label pada rak atau kotak untuk membantu mereka mengembalikan barang ke tempat yang seharusnya. Dan, pastikan untuk terus enyesuaikan dapurmu seiring dengan perubahan yang terjadi.

Setidaknya empat kali dalam setahun, luangkan waktu untuk bekerja di setiap zona untuk membuang barang-barang yang rusak atau tidak dapat digunakan. Awasi wadah plastik, gelas, dan tas belanja agar tidak memenuhi ruang penyimpanan.

Semoga sederet cara menata dapur di atas membuat dapur kamu lebih rapi dan terorganisasi.

Pilihan Editor: Tips Menjaga Keselamatan di Dapur, Pastikan Oven dan Kompor Gas Sudah Mati

WIDYA FITRIANINGSIH | REAL SIMPLE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Halaman

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."