4 Cara Eksfoliasi Wajah yang Benar, Menurut Dokter Kulit

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi eksfoliasi wajah. Freepik.com/Lookstudio

Ilustrasi eksfoliasi wajah. Freepik.com/Lookstudio

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Pengelupasan sel kulit mati atau eksfoliasi wajah merupakan salah satu rangkaian perawatan kulit atau skincare untuk menghilangkan lapisan kulit mati yang kusam, menjaga kulit tetap cerah, dan berkilau. Akan tetapi, perlu diingat, eksfoliasi wajah berlebihan bisa menyebabkan iritasi dan peradangan yang serius. Untuk mencegah hal itu terjadi, Hadley Kind, dokter kulit bersertifikat yang berbasis di New York, Amerika Serikat, membagikan sejumlah cara eksfoliasi wajah yang benar.

“Eksfoliasi itu benar-benar dapat membuat kulit wajah terlihat sangat bercahaya dan sehat, tetapi jika kamu melakukan eksfoliasi secara berlebihan, maka kamu akan merusak skin barrier dan kulit akan berakhir kering, iritasi, dan merah bersisik," jelas Dr. King.

1. Jangan Terlalu Sering Eksfoliasi 

"Saya biasanya memberi tahu orang-orang untuk mulai eksfoliasi sekali atau dua kali seminggu, kemudian lihat bagaimana keadaan wajah mereka, bagaimana apakah kulitmu menerima eksfoliasi atau tidak," kata Dr. King. Menurut dia, eksfoliasi sekali atau dua kali seminggu sudah cukup untuk mendapatkan manfaat yang besar.

2. Tetap Berpegang pada Satu Produk Eksfoliasi 

Dari pembersih, toner, serum dan pelembap, ada banyak cara untuk melakukan eksfoliasi. "Tidak ada aturan ketat, seperti kamu tidak dapat mencampur enzim dengan asam hidroksi atau kamu tidak dapat mencampur alfa dengan beta karena ini semua tentang formulasi dan bagaimana kulit kamu menoleransinya," kata Dr. King. 

Akan tetapi, Dr. King menekankan untuk tidak mencampur produk eksfoliasi dari merek berbeda, terutama bagi pemilik kulit sensitif. 

"Jika kamu mencampur produk dari lini yang berbeda, kamu hanya perlu lebih berhati-hati karena kamu mungkin tidak tahu apakah campurannya akan terlalu banyak untuk kulitmu. Terutama jika kamu memiliki kulit yang cenderung sensitif," tuturnya.

"Jadi untuk berhati-hati, saya biasanya memberi tahu orang-orang untuk hanya menggunakan satu produk yang memiliki sifat pengelupasan kulit di dalamnya pada satu waktu, kecuali jika itu dalam garis yang dirancang untuk digunakan bersama," jelasnya.

Baca juga: Sebelum Eksfoliasi, Perhatikan 5 Hal Ini untuk Cegah Iritasi

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."