Libur Lebaran jangan Lupa Bawa Sunscreen, Ini Alasannya Harus Pakai Setiap Hari

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi Sunblock/krim tabir surya. Shutterstock.com

Ilustrasi Sunblock/krim tabir surya. Shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Dengan meningkatnya suhu dan musim panas tepat di momen libur lebaran, maka setiap orang harus menyadari betapa pentingnya memakai tabir surya. Manfaat tabir surya atau sunscreen lebih dari sekadar melindungi kulit Anda dari sinar matahari. 

Selain itu, sangat penting untuk memasukkan tabir surya yang direkomendasikan dokter kulit ke dalam rejimen perawatan kulit Anda jika Anda melihat adanya bintik hitam atau bintik baru pada kulit Anda untuk melindungi diri dari sinar UV yang merusak kulit.

Berikut ini alasan mengapa penting memakai sunscreen setiap hari termasuk saat libur lebaran: 

1. Mencegah tanda-tanda penuaan dini

Dengan sedikit atau tanpa perlindungan, paparan sinar matahari berulang dapat merusak elastin, kolagen, dan sel-sel kulit Anda. Tanda-tanda penuaan dini seperti perubahan warna kulit, garis-garis halus, kerutan, dan penampilan kasar pada akhirnya bisa diakibatkan oleh hal ini. Tanpa perlindungan matahari, orang cenderung menua sebelum waktunya atau photoaging, terutama mereka yang berusia 20-an dan 30-an. Tetapi penggunaan tabir surya secara teratur dapat mengurangi photoaging dan mencegah tanda-tanda penuaan dini.

2. Mengurangi peradangan kulit

 Saat terkena radiasi UV, epidermis kita bisa menjadi merah dan bengkak. Paparan langsung sinar UV yang merusak kulit memperburuk kondisi kulit seperti eksim dan rosacea dan dapat memperburuk kondisi tersebut. Aplikasi tabir surya secara teratur menurunkan kemungkinan peradangan yang disebabkan oleh sinar berbahaya ini. Jika Anda memiliki kulit sensitif yang cenderung kemerahan, cari tabir surya yang mengandung bahan kimia lembut seperti seng oksida atau titanium dioksida.

3. Mencegah risiko kanker kulit

Mengenakan tabir surya setiap hari, bahkan saat hujan atau hari berawan, adalah salah satu cara terbaik untuk menghindari kanker kulit. Statistik menunjukkan bahwa kanker kulit menjadi lebih umum di antara individu pada usia 70 tahun. Menggunakan tabir surya beberapa kali sehari, dengan SPF minimal 30 menurunkan risiko terkena penyakit ini. Untuk perlindungan lebih, Anda dapat menggunakan SPF yang lebih tinggi. Jika Anda berniat menghabiskan banyak waktu di luar atau melakukan aktivitas berbasis air, aplikasikan kembali tabir surya setiap dua jam.

4. Mencegah Tanning

 Tan itu sehat. Namun, yang harus Anda waspadai adalah saat Anda berjemur untuk berjemur, Anda berisiko terkena sinar UVB yang keras. Pilih tabir surya yang memiliki sun protection factor minimal 30 untuk mencegah tanning akibat UVB. Pastikan Anda mengoleskan kembali tabir surya setiap dua jam, terutama jika Anda memiliki kulit sensitif. Atau gunakan setelah berolahraga, karena keringat dapat menghilangkan lapisan pelindung.

5. Kulit lebih sehat

Protein kulit yang penting, seperti kolagen, keratin, dan elastin, dilindungi oleh tabir surya. Protein ini diperlukan untuk menjaga kulit tetap halus dan sehat. Pastikan tabir surya Anda mengandung titanium dioksida untuk membantu memantulkan sinar UV dari kulit dan melindungi aktivitas protein ini.

Pilihan Editor: Rutinitas Skincare ala Amanda Rawles, Double Cleansing dan Kurangi Makanan Berminyak

TIMES OF INDIA 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

https://t.me/+8P-11t_F54BlZmE1?utm_source=telegram&utm_medium=membership&utm_campaign=

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."