Rahasia Resep Ketupat agar Tidak Mudah Basi, Cek Cara Penyimpanannya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi Ketupat. shutterstock.com

Ilustrasi Ketupat. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaKetupat adalah salah satu olahan beras yang disukai banyak orang. Resepnya pun mudah untuk dibuat. Biasanya, ketupat dimakan bersama sayur dan lauk pauk yang enak dan lezat seperti bersama dengan sayur lodeh, sate ayam, ketupat sayur, hingga sate padang. 

Biasanya ketupat dibuat dengan cara dikukus selama kurang lebih 3 jam dengan menggunakan janur atau daun kelapa muda. Menjelang Hari Raya Idul Fitri biasanya banyak pedagang yang menjajakan janur ataupun ketupat yang telah matang.

Sebenarnya tidak perlu membeli ketupat jadi, Anda bisa membuat ketupat sendiri. Bahkan tidak sulit dan tidak ribet untuk membuat ketupatnya. Anda hanya perlu menyiapkan bahan-bahannya. Tekstur ketupat yang lembut sangat pas untuk disandingkan dengan berbagai lauk dan aneka sayuran. 

Makanan khas Indonesia yang terbuat dari beras ini dianyam dalam anyaman bambu atau daun kelapa. Ketupat sering dihidangkan sebagai makanan pokok atau sebagai pelengkap makanan pada acara-acara khusus seperti Lebaran. Makanan ini sangat populer di Indonesia dan juga negara-negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura.

Untuk membuat ketupat, beras harus dicuci hingga bersih, direndam selama beberapa jam, kemudian dimasukkan ke dalam anyaman ketupat dan direbus dalam air mendidih selama beberapa jam. Ketupat biasanya dihidangkan bersama dengan opor ayam, rendang, atau sambal goreng ati. Rasanya yang lezat dan teksturnya yang kenyal dan padat membuat ketupat menjadi makanan yang sangat digemari oleh masyarakat Indonesia.

Selain menjadi makanan yang lezat dan bergizi, ketupat juga memiliki makna dan simbolisme yang penting bagi masyarakat Indonesia. Ketupat sering dianggap sebagai simbol kesatuan, persaudaraan, dan kebersamaan. Oleh karena itu, ketupat sering dihidangkan pada saat acara-acara penting seperti Lebaran untuk memperkuat hubungan keluarga dan masyarakat yang lebih luas. Berikut ini resep membuat ketupat yang bisa Anda coba di rumah.

Resep Ketupat Agar Tidak Basi 

Bahan-bahan:

- 20 buah kulit ketupat 
- beras secukupnya 
- air secukupnya 

Cara Membuat Ketupat:

1. Cuci bersih dahulu kulit ketupatnya, caranya dengan mencelupkan ke dalam air, keringkan sekitar 1 jam. 
2. Kemudian cuci bersih beras dan masukkan beras ke dalam ketupat. Isi sampai setengah bagian ketupat saja dan lakukan hingga semuanya habis.
3. Setelah semua kulit ketupat terisi, ikat  menjadi  per 10 ketupat.  
4. Didihkan air dalam panci besar, kemudian masukkan ketupat, pastikan ketupat terendam semua dan tutup setelah itu tunggu sampai 2 jam, sesekali di cek apakah airnya kurang atau  tidak, jika berkurang tambahkan lagi. 
5. Jika dirasa ketupat sudah mengeras, boleh langsung diangkat, tiriskan, dan biarkan dingin terlebih dahulu, jika sudah dingin ketupat siap untuk dimakan. 

Tips Agar Ketupat Tidak Cepat Basi

1. Pilihlah janur yang tepat
2. Masak dengan air mendidih
3. Jangan memasukkan beras sampai penuh
4. Gantungkan ketupat setelah matang
5. Jangan tutup ketupat dengan tudung saji

Agar ketupat tidak mudah basi, simpan dalam wadah kedap udara atau plastik tertutup, namun ingat untuk menyimpannya setelah ketupat dingin. Ketupat yang disimpan dengan baik bisa bertahan hingga beberapa hari tanpa basi. Jangan biarkan ketupat terlalu lama di suhu ruangan atau di bawah sinar matahari langsung karena hal ini bisa membuat ketupat cepat basi.

Pilihan Editor: Resep Ketupat Ketan Santan, Kudapan Sore yang Menggoda

DWI LUCY SUSETIOWATI | MEUTIA MURTI DEWI | COOKPAD 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."