Sebelum THR Ludes, Cicil Utang Agar Cash Flow Keuangan Tetap Sehat

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi wanita memegang uang atau mendapat THR. shutterstock.com

Ilustrasi wanita memegang uang atau mendapat THR. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Pekan ini Tunjangan Hari Raya atau THR sudah dibagikan. Bagi mereka yang memiliki utang disarankan untuk mencicil atau melunasinya dengan Tunjangan Hari Raya (THR) agar tidak menumpuk dan jadi beban finansial.

Head of Research and Advisory Bank Commonwealth Thadly Chandra melalui keterangan tertulisnya tentang kiat agar keuangan tetap sehat, Kamis, 13 April 2023 merekomendasikan orang-orang menggunakan sebanyak 40 hingga 60 persen dana THR untuk melunasi atau mencicil utang dan keperluan kebutuhan Hari Raya Idul Fitri.

Selajutnya, dia menyarankan alokasi keuangan untuk THR sebanyak 10 persen untuk membayar zakat, 20 persen untuk tabungan dan investasi dan 10 persen untuk dana darurat.

“Dengan pengelolaan yang baik, manfaat THR dapat dinikmati bukan hanya pada saat Lebaran, tetapi juga dalam jangka waktu yang panjang bahkan setelah selesai perayaan Lebaran,” kata Thadly.

Khusus untuk keperluan Hari Raya Idul Fitri, dia menyarankan orang-orang membuat pos pengeluaran seperti mudik, belanja kebutuhan pokok, dan memberi amplop untuk keluarga besar.

Sementara untuk dana darurat yang besaran alokasinya sebanyak 10 persen dari THR, ini berbeda dengan tabungan yang memiliki tujuan tertentu. Sesuai namanya, dana darurat dapat disimpan untuk keadaan tak terduga seperti kecelakaan, kerusakan rumah, atau kehilangan pekerjaan.

Pilihan Editor: 5 Tips Mengatur Keuangan THR Agar Tetap Bisa Menikmati Liburan

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."