5 Tips Mengatur Keuangan THR Agar Tetap Bisa Menikmati Liburan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi koper

Ilustrasi koper

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta -  Hari Raya Idul Fitri 1444 H jatuh pada tanggal 22 dan 23 April 2023. Pemerintah Republik Indonesia secara resmi mengumumkan hari liburan dan cuti bersama selama tujuh hari, mulai dari tanggal 19 hingga 25 April 2023.

Masyarakat perlu cermat dalam mengatur alokasi dana tunjangan hari raya (THR) yang dapat menjadi stimulus memenuhi tingginya persiapan perayaan hari Lebaran hingga untuk mudik ke kampung halaman maupun berlibur ke destinasi impian di masa periode liburan.

Menurut para pakar keuangan ternama, perencanaan keuangan pun perlu terus disiplin walaupun akan ada pengeluaran signifikan untuk berbagai kebutuhan perjalanan dan liburan Lebaran. Masyarakat harus tetap jeli agar setia dengan komitmen cita-cita memiliki tabungan sehat. Salah satu praktisi keuangan senior dari Kanada merekomendasikan secara umum porsi dana liburan panjang adalah tujuh persen dari penghasilan bulanan yang diakumulasi selama 12 bulan.

Berikut lima tips mengatur keuangan dengan cermat dan sederhana untuk atur keuangan pribadi sambil turut menikmati hari liburan dan cuti bersama: 

1. Alokasikan untuk zakat dan sedekah

Bagi setiap umat Muslim terdapat kewajiban menunaikan zakat fitrah dari setiap anggota keluarganya yang masih menjadi tanggungan. Selain itu, sedekah, bantuan sosial, atau pun membayar zakat harta yang selama ini tertunda yang alokasinya bisa mencapai 10 persen dari dana THR. 

2. Siapkan dana untuk berbagai kebutuhan Lebaran

Prioritaskan penggunaan dana THR untuk kebutuhan Lebaran diantaranya THR untuk para pekerja di rumah, angpao untuk saudara dan keponakan, serta hidangan Lebaran termasuk dalam kategori kebutuhan Lebaran. Jika sobat tiket berencana menghabiskan libur Lebaran dengan mudik dengan keluarga, usahakan agar dana ini dialokasikan dari THR. Idealnya penggunaan THR maksimal 50-70% untuk segala urusan Lebaran.

3. Perhatikan dana untuk kebutuhan tabungan, investasi, darurat, hingga Idul Adha

Dana THR sebaiknya tetap disisihkan sebesar 10% untuk keperluan tak terduga seperti jikalau sakit sepulang mudik, maupun untuk asisten infal. Lalu, sisihkan juga 10% untuk keperluan hewan kurban Idul Adha. Sisa dana dapat digunakan untuk berinvestasi sesuai tujuan kesejahteraan.

4. Pelunasan hutang konsumtif 

Salah satu checklist penting dengan urgensi tinggi adalah pembayaran hutang konsumtif agar penabung dapat bebas dari beban hutang yang menyeret, sehingga bisa mulai mengalokasikan dana untuk keperluan-keperluan primer lainnya.

5. Bijak pilih opsi moda transportasi untuk mudik

Transportasi adalah salah satu pengeluaran yang mampu jadi faktor penentu jadi atau tidaknya rencana perjalanan atau mudik. Dalam merealisasikan budget mudik, masyarakat harus jeli memanfaatkan berbagai program promo diskon bernilai agar dana transportasi tidak membengkak. 

Co-Founder dan Chief Marketing Officer, tiket.com Gaery Undarsa, berkata pihaknya ingin bisa berkontribusi secara positif dengan hadirkan serangkaian program diskon dan deal ekonomis, terutama di masa-masa ketika naiknya antusiasme dan demand yang secara langsung mempengaruhi biaya mudik dan liburan. Masyarakat membutuhkan sebuah solusi nyata dan terpadu untuk mengakomodasi segala kebutuhan perjalanan yang juga ramah kantong, termasuk opsi moda transportasi yang kian hari kian meninggi.

"Kami menyadari bahwa pengeluaran transportasi merupakan salah satu dana terbesar untuk mudik atau berlibur, oleh karena itu, menjelang pekan liburan Lebaran, tiket.com hadirkan program spesial tahunan Tiket Hari Raya (THR) sepanjang 22 hari, mulai dari tanggal 3 hingga 24 April 2023, dengan skema diskon 40 persen + ekstra diskon hingga Rp575.000 setiap hari, sepanjang bulan Ramadhan, sehingga dana mudik dapat ditanggulangi dengan baik.

Pilihan Editor: Tips Mengatur Keuangan Khusus untuk Undangan Buka Bersama, Tidak Semua Dihadiri

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."