Manfaat Blueberry, Melawan kanker Hingga Jaga Kadar Insulin di Tubuh

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
Ilustrasi buah blueberry. Foto: Unsplash.com/Joanna Kosinska

Ilustrasi buah blueberry. Foto: Unsplash.com/Joanna Kosinska

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Pamor buah blueberry mungkin tidak setenar stroberry. Walau begitu, blueberry merupakan makanan super kaya nutrisi yang terkenal karena beragam manfaat kesehatannya. Beberapa manfaat buah mungil ini adalah bisa melawan kanker hingga menjaga kadar insulin pada pasien diabetes.

Seperti yang dikutip dari Medical Daily pada Jumat, penelitian baru menunjukkan bahwa mengonsumsi segenggam buah blueberry dapat meningkatkan kesehatan kognitif dan kardiovaskular.

Para peneliti percaya efek menguntungkan blueberry adalah karena pigmen birunya yang disebut anthocyanin, termasuk dalam kelas polifenol yang ditemukan efektif dalam meningkatkan aliran darah kardiovaskular dan otak. Pigmen ini ditemukan dalam stroberi, raspberry, anggur merah, dan sayuran ungu. Makanan lain yang mengandung antosianin adalah brokoli, pir, dan rempah-rempah seperti kunyit.

"Ada beberapa bukti manfaat kesehatan dari makanan kaya anthocyanin lainnya, dan tidak ada alasan untuk berpikir bahwa buah dan sayuran yang lain itu tidak akan bekerja sebaik blueberry, selama jumlah anthocyanin yang disediakan dengan makanan tersebut cukup, dan bahwa anthocyanin dapat diakses secara hayati dan tersedia secara hayati," kata Dr. Ana Rodriguez-Mateos, penulis utama studi tersebut.

Manfaat blueberry lainnya adalah menjaga kesehatan struktur tulang, kekuatan dan elastisitas sendi.

Selain itu, blueberry yang kaya vitamin C membantu meningkatkan sintesis kolagen, yang berfungsi menghaluskan kerutan dan memperbaiki tekstur kulit secara keseluruhan sehingga menghasilkan kulit yang sehat.

Manfaat lainnya adalah mempertahankan tekanan darah, ramah bagi penderita diabetes karena rendah glikemik dan dapat mencegah kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas dan menghindari dari kanker. Blueberry juga mengandung folat, yang membantu sintesis dan perbaikan DNA.

Namun yang perlu diingat, pilihlah buah blueberry yang segar, dan jangan mengonsumsi blueberry secara berlebihan karena dapat overdosis vitamin K dan kelebihan serat yang dapat menyebabkan berbagai penyakit.

Pilihan Editor: Resep Membuat Blueberry Cheesecake, Enak dan Mudah

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."