Kreasi Resep Menu Takjil ala Chiki Fawzi, Potongan Buah Segar dan Jeli Instan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Chiki Fawzi/Foto: Instagram/Chiki Fawzi

Chiki Fawzi/Foto: Instagram/Chiki Fawzi

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Seniman dan pengusaha, Chiki Fawzi membagikan resep andalannya dalam membuat hidangan takjil untuk berbuka puasa yang ia beri nama Ximilu's Chiki Dessert. Olahan ini memiliki rasa yang manis jadi sangat cocok untuk melepas dahaga setelah berpuasa seharian. Bagaimana cara membuatnya? Yuk simak kreasi resep menu takjil berikut ini.

Resep Ximilu's Chiki Dessert ala Chiki Fawzi 

Resep Ximilu's Chiki Dessert ala Chiki Fawzi, untuk inspirasi menu takjil/Foto: Tangkapan layar YouTube Ngobrol Sore Semaunya

Langkah pertama, buat jeli nya terlebih dahulu. Perempuan berusia 34 tahun ini biasanya menggunakan jeli instant satu bungkus dengan memberi dua hingga tiga gelas air. Memang hasil akhirnya nanti jadi agak keras, jeli yang agak keras inilah yang akan kita parut nantinya, jelas Chiki.

Chiki pun kerap menceritakan hal yang paling memorable selama bulan suci Ramadan adalah makan masakan dari sang ibu. "Menurut aku, kakak aku, dan ayahku enak banget (masakannya) sih," ungkap Chiki.

Langkah kedua, ketika jeli nya sudah mendidih, lalu kita angkat dan sisihkan, biarkan mengeras. Kemudian, masukkan fruity acid-nya agar memberi sensasi segar. Kemudian, aduk dan biarkan hingga mengental. Lalu, taruhlah di wadah untuk langkah selanjutnya.

Langkah ketiga, untuk kuah atau saus ximilu. Untuk membuatnya kita memerlukan fiber cream, kemudian tuang dalam panci. Selanjutnya, tuang gula ke dalam panci yang berisi fiber cream, tambahkan air dan aduk hingga rata. Sembari menunggu kuahnya jadi, potong-potonglah buah seperti apel, mangga, atau buah-buahan yang tersedia.

Chiki pun juga bercerita momen rutin yang ia lakukan dengan keluarga yaitu sholat berjamaah bareng. Seperti salat tarawih, "Jadi ayahku punya kebiasaan selalu sempetin sholat (tarawih) berjamaah. Kalau bisa di rumah, atau kalo di luar satu tempat rame-rame gitu," ungkap Chiki.

Langkat terakhir, ketika jeli sudah mengeras, lalu kita dapat memarut jeli tersebut menggunakan parutan yang paling besar. Kemudian, kombinasikan semua yang sudah dibuat. Agar-agar, buah segar, dan saus ximilu. Tambahkan es batu agar lebih dingin dan segar. Ximilu's Chiki Dessert siap dihidangkan untuk takjil berbuka puasa bersama keluarga tercinta!

Pilihan Editor: Manfaat Sehat dan Waktu Terbaik Menikmati Yogurt dari Pilihan Buah Segar

WIDYA FITRIANINGSIH 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."