Menu Sahur Diet Karbo, Ragam Olahan Oatmeal yang Praktis

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi oatmeal. shutterstock.com

Ilustrasi oatmeal. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Tahukah Sahabat Cantika, puasa Ramadan selalu menjadi waktu yang tepat untuk meningkatkan ibadah dan menyehatkan tubuh. Mengurangi konsumsi kalori dan karbohidrat atau nasi yang berlebihan. Salahsatu caranya dengan pemilihan menu sahur yang rendah gula namun tetap mengenyangkan.

Saat puasa, sahur menjadi waktu makan terpenting. Hidangannya harus dapat menopang tubuh sepanjang hari, Makanan dengan nutrisi penting agar seseorang menjalani hari dengan lancar. Oatmeal termasuk pilihan menu sahur yang sempurna. Bahan makanan ini padat nutrisi, bisa membuat kenyang lebih lama, dan merupakan sumber karbohidrat yang baik. 

Berikut kreasi resep oatmeal asin yang mudah disiapkan sebagai menu sahur: 

1. Oatmeal dengan Tomat & Sosis

Bahan yang anda butuhkan dapat ditemukan di dapur rumah, seperti 2 sendok teh minyak, 1 sosis, 1 tomat, 1 cangkir kaldu sayuran (pilihan), dan 1/2 cangkir oat yang telah dimasak dengan kaldu hingga empuk. Setelah matang, bahan-bahan lain baru dicampurkan dan langsung dimakan 

2. Overnight Oat, Telur, Keju atau Alpukat

Cobalah resep overnight oatmeal yang direndam semalaman agar mudah “dimasak” dalam wajan atau microwave. Saat sahur, anda cukup taburi dengan telur goreng, alpukat (pilihan), atau bisa ditambahkan keju cheddar dan potongan kecil sayuran yang telah matang.

3. Pancake Oatmeal

Jika anda bosan dengan oat seduh atau goreng, anda bisa menyiapkan adonan sederhana dibuat dengan oat instan dan tepung beras yang dibumbui dengan cabai dan jahe. Setelah jadi, anda bisa menambahkan sejumlah topping seperti sayuran matang, daging cincang, atau sosis. Pancake oat bisa menjadi pilihan alternatif seperti roti atau tortilla wrap.

4. Telur Dadar Oat

Mendekati imsak sahur, biasanya membutuhkan waktu singkat untuk mengolah oatmeal, maka telur dadar oat solusinya. Hidangan yang hanya memakai 3 sendok makan oatmeal, 1 telur, dan bumbu penyedap rasa, seperti garam dan lada, anda bisa menambahkan beberapa lembar bayam atau sayuran lainnya sesuai selera. 

5. Perkedel Tahu Oatmeal

Perkedel tahu oatmeal bisa disiapkan malam sebelum sahur tiba, bahan yang anda perlukan, yaitu 1 blok tahu, 1/4 cangkir oatmeal, 1 butir telur ayam, 3 siung bawang merah iris tipis, 3 siung bawang putih iris tipis, 2 cabe rawit iris tipis, dan beberapa penyedap rasa. Seperti pembuatan perkedel pada umumnya, bahan-bahan sebelumnya tinggal anda campur dalam mangkuk besar. Terakhir, goreng hingga kecoklatan pada kedua sisi perkedel, dan siap dimakan saat sahur. 

Pilihan Editor: Menu Sahur Simpel dan Sehat ala Dian Pelangi, Bisa Sekalian jadi Tips Diet

BALQIS PRIMASARI | HISYAM LUTHFIANA 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."