Tips Cari Baju untuk Bukber, Tetap Tampil Mewah dengan Brand Lokal

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
Ilustrasi gaya Buka Puasa Bareng/Tokopedia

Ilustrasi gaya Buka Puasa Bareng/Tokopedia

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Momen buka puasa bersama (bukber) menjadi salah satu agenda wajib kebanyakan masyarakat Indonesia selama bulan Ramadhan. Bukber sendiri merupakan ajang silaturahmi dengan teman maupun kerabat yang sudah lama tidak bertemu. Agar memberikan kesan terbaik, masyarakat cenderung memperhatikan lebih penampilan mereka untuk menghadiri berbagai kegiatan bukber ini. “Tingginya antusiasme masyarakat untuk tampil modis saat berkumpul dengan teman maupun kerabat dalam bukber tercermin dari data internal Tokopedia yang menunjukkan bahwa Fashion menjadi salah satu kategori produk yang paling diburu masyarakat melalui Tokopedia selama pertengahan Ramadan 2023,” kata Category Development Senior Lead Tokopedia, Aldhy Darmayo dalam keterangan pers yang diterima Cantka pada 7 April 2023.

Tokopedia membagikan 5 tips kombinasi produk fashion lokal yang bisa bikin kamu tampil modis dan kece di momen bukber. Apa saja caranya? 

1. Tampil lebih chic dengan sentuhan bohemian

Bohemian merupakan gaya busana, yang terinspirasi dari kaum hippie, yang khas dengan gaya  santai dengan sentuhan motif etnik. Agar tampil chic dengan gaya bohemian, masyarakat bisa menggunakan pakaian, seperti dress flowy, blus atau kemeja dengan motif etnik, serta menambahkan aksesoris fashion lain, seperti gelang, kalung maupun topi.

“Masyarakat bisa mendapatkan berbagai produk aksesoris fashion untuk melengkapi penampilan saat bukber dengan produk dari pelaku usaha lokal di Tokopedia, seperti Jewel Rocks dan Sorcery World. Kami melihat produk aksesori fashion seperti kalung, gelang, cincin dan anting mengalami rata-rata peningkatan transaksi sebesar lebih dari 30 persen di Ramadan kali ini*,” jelas Aldhy.

2. Tambahkan sentuhan eksentrik dengan menggunakan artwear

Artwear merupakan jenis fashion item yang diciptakan dengan konsep seni dan ekspresi kreatif, serta cocok dipakai baik oleh perempuan maupun laki-laki. Masyarakat bisa memilih satu produk artwear yang menjadi fokus perhatian, seperti kaos atau sweater dengan desain unik.

“Pelaku usaha yang menawarkan berbagai produk artwear pun semakin banyak di Indonesia dan bisa didapatkan melalui Tokopedia. Misalnya Liunic On Things dan IMAJI Studio yang menghadirkan desain pakaian yang playful dan penuh warna, cocok untuk mewarnai kegiatan bukber,” kata Aldhy. 

3. Makin modis dengan jam tangan lokal

Tips cari baju untuk bukber selanjutnya adalah pemilihan aksesori. Bukan hanya baju atau sepatu, jam tangan juga bisa jadi fashion item pilihan untuk tampil makin modis. Misalnya, kamu bisa menggunakan jam tangan buatan brand lokal berdesain khas, seperti jam tangan kayu atau dengan aksen etnik dari Woodka dan Pala Nusantara.

“Memakai jam tangan unik karya pelaku usaha lokal bisa menarik perhatian dan menunjukkan kesan menghargai kreativitas dunia fashion dalam negeri," kata Aldhy.

Aldhy menambahkan bahwa berbagai produk lokal termasuk jam tangan bisa didapatkan lewat widget khusus Bangga Lokal di halaman utama Tokopedia. Transaksi jam tangan lokal lewat widget ini meningkat hampir 35 persen,” kata Aldhy.

4. Tampil menarik dengan kain khas Indonesia

Tips cari baju untuk bukber lain adalah dengan melirik kain khas Indonesia, seperti songket, batik dan tenun, sebagai statement piece untuk dipadupadankan dengan pakaian yang lebih kasual. Selain menjadikan penampilan makin unik, kain ini bisa jadi cara untukmu mengapresiasi kekayaan budaya Indonesia.

“Antusiasme masyarakat berbelanja produk fashion kain lokal semakin meningkat di bulan puasa. Buktinya, kami mencatat produk, seperti songket, tenun dan batik, mengalami rata-rata peningkatan transaksi sebesar 35 persen,” kata Aldhy.

Masyarakat juga bisa membeli atasan, bawahan, aksesori fesyen, misalnya bandana, scarf dan lain-lain, yang terinspirasi warisan budaya Indonesia dari para pelaku usaha lokal, seperti Oemah Etnik, MOC, Shop Kain, Sejauh Mata Memandang, Nada Puspita dan masih banyak lagi.

5. Nostalgia dengan outfit jadul ala Y2K

Y2K adalah tren fashion yang terinspirasi dari mode akhir 1990-an dan awal 2000-an dengan nuansa penuh warna, funky dan playful. Gaya Y2K biasanya memiliki tampilan yang nyentrik dengan graphic t-shirt dan celana cargo yang dipadukan dengan sneakers atau platform shoes besar.

“Sejalan dengan tren fesyen yang sedang naik daun Y2K, kami melihat belakangan ini ada peningkatan transaksi di Tokopedia untuk produk sneakers dan celana cargo masing-masing sebesar lebih dari 30 persen dan hampir 50 persen,” kata Aldhy.

Masyarakat bisa mendapatkan sneakers, untuk menciptakan tampilan Y2K, dari pelaku usaha lokal, seperti PVN Shoes dan Geoff Max, yang menawarkan desain unik nan nyentrik. Lengkapi juga gaya Y2K dengan graphic t-shirt yang bisa didapatkan melalui pelaku usaha lokal di Tokopedia, seperti KITC dan Public Culture.

Jadi kamu paling suka gaya bukber yang mana?

Pilihan editor: Tips Makeup ala Abel Cantika yang Simpel dan Kilat, Bisa untuk Acara Buka Bersama

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."