Trik Menghangatkan Menu Sahur, Direkomendasikan Pakai Metode Kukus

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi memasak. Unsplash.com/Jason Briscoe

Ilustrasi memasak. Unsplash.com/Jason Briscoe

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Chef Stefu Santoso membagikan tips untuk memanaskan kembali hidangan menu sahur yang sudah kita bekukan di dalam lemari es. Untuk memanaskan pun ada tiga cara. Yang pertama adalah dengan menggunakan microwave, yang kedua dengan menggunakan kompor, dan yang ketiga dengan dikukus. 

Dari ketiga cara ini, chef Stefu lebih menyukai cara kukus. Dikarenakan dengan menggunakan cara mengukus ini, kadar air, rasa, hingga kelembutannya masih tetap terjaga, dibanding dengan dua metode yang sudah disebutkan sebelumnya.

Tipsnya, jika tidak ingin ada tetesan air berlebih dari mengukus yang menyebabkan makanan menjadi berubah rasa adalah dengan melapisi tutup panci kukusan dengan kain atau piringnya ditutupi dengan plastik wrap, sehingga tetesan air kukusan tidak memenuhi makanan yang dikukus.

Menanggapi hidangan berbuka dengan gorengan, chef Stefu pun membagikan tips agar gorengan tetap optimal dan praktis dengan dua metode. Yang pertama, dengan menggorengnya setengah matang. Kemudian, ketika ingin dikonsumi kita dapat menggorengnya kembali dengan kematangan yang diinginkan. Atau, digoreng matang sepenuhnya, namun ketika ingin dimakan, dipanaskan kembali menggunakan oven pada suhu 160 derajat celcius. 

Untuk hidangan sahur pun kurang lebih sama dengan apa yang sudah dijelaskan oleh chef Stefu, "Untuk mempersiapkan makanan sahur pada saat itu juga (pada saat bangun sahur), kondisi badan kan juga tidak stabil ya, jadi indra perasa juga kurang (maksimal), sehingga seringkali banyak yang sahur hanya dengan telor ceplok atau mie instan," jelas Chef Stefu Santoso melalui Live Instagram Cerita Cantika, Jumat, 31 Maret 2023. 

Lebih baik menyimpan makanan yang sudah siap saji, jadi ketika sahur, kita tidak perlu terlalu repot untuk mempersiapkan hidangannya, dan menghindari konsumsi makanan instan yang kurang baik untuk kesehatan.

Oleh karena itu, tips mudah mempersiapkan hidangan berbuka dan sahur menurut chef Stefu adalah dengan membuat beberapa masakan, kemudian di-sealed dalam plastik, lalu didinginkan atau dibekukan dalam kulkas. Cara ini lebih mudah dilakukan karena kita hanya harus menghangatkannya saja ketika ingin di makan.

Pilihan Editor: Menu Sahur Tetap Segar dan Nikmat dengan Tips dari Chef Stefu Santoso

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."