Menu Sahur Tetap Segar dan Nikmat dengan Tips dari Chef Stefu Santoso

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi wanita memasak di rumah. Freepik.com/Senivpetro

Ilustrasi wanita memasak di rumah. Freepik.com/Senivpetro

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Mempersiapkan hidangan menu sahur dan berbuka puasa memang terkadang merupakan kegiatan yang menantang sekali. Terlebih, selama berpuasa pun, kita tidak dapat mencicipi terlebih dahulu hidangan apa yang kita masak. Kebiasaan memasak pada rumah tangga pun cukup memakan banyak waktu. 

Oleh karena itu, kita bisa coba mengubah kebiasaan memasak tersebut. Dalam siaran langsung bersama Cerita Cantika, Jumat, 31 Maret 2023, Chef Stefu Santoso mengupas dan membagikan tips mempersiapkan hidangan berbuka dan sahur dengan mudah dan praktis.

Kebiasaan tersebut di antaranya adalah, para ibu di luar sana cenderung memiliki kebiasaan memasak dengan "Segala sesuatunya itu harus fresh (bahan-bahannya), jadi mereka mulai masak itu ketika akan makan," tutur Chef Stefu Susanto.

Lebih lanjut, chef Stefu Santoso memberikan sebuah contoh. "Contohnya makan siang, mereka mulai masak itu dari jam 10 atau 11. Kemudian, untuk makan malam mungkin mereka mulai memasak pada jam 5 atau 6 sore. Sehingga higenitasnya itu kurang terjamin, karena terlalu lama berada pada suhu luar ruangan. Karena, setelah matang, makanan itu (baiknya) ada pada suhu luar ruang hanya boleh selama maksimal 4 jam," jelas Chef Stefu. 

Selama menjalani ibadah di bulan puasa ini, sebaiknya kita mengubah kebiasaan memasak pada waktu yang tepat. Nah, kapan sih waktu yang tepat itu? Waktu yang tepat itu adalah sesudah jam berbuka.  Jadi, mulai dari jam 7 hingga 10 malam, dapat dikatakan momen yang tepat untuk kita menyiapkan makanan.

"Waktu kita mempersiapkan makanan itu jangan tanggung-tanggung. Sekalian saja kita siapkan juga untuk makanan sahur, dan untuk berbuka besoknya. Jadi kita bisa menyimpan banyak makanan enak, dan menyimpannya di dalam kulkas atau dibekukan untuk dihangatkan pada keesokan harinya. Sebenarnya strateginya ini ada disini (kuncinya), jadi pada saat kita berbuka dan sahur, makanannya tetap dalam kondisi yang enak," papar Chef Stefu. 

Pilihan Editor: Kreasi Resep Berbahan Ayam untuk Menu Sahur, Ada Bumbu Kecap dan Krispy

WIDYA FITRIANINGSIH 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."