Cara Membersihkan dan Menyimpan Jamur Portobello

Jamur Portobello. Foto: Unsplash/Dan Dennis

kuliner

Cara Membersihkan dan Menyimpan Jamur Portobello

Selasa, 26 April 2022 11:05 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, JakartaJamur Portobello salah satu pilihan favorit penganti daging karena ukuran dan ketebalannya yang besar. Cara pengolahannya bisa dipanggang atau dimasukkan ke dalam sandwich. Namun, sebelum Anda memasak jamur portobello, pastikan untuk membersihkannya dengan benar dan menyeluruh. Inilah semua yang perlu Anda ketahui tentang membersihkan dan menyimpan jamur portobello.

Mengapa Anda Perlu Membersihkan Jamur Portobello

Ketika Anda membeli jamur portobello di toko dan melihat apa yang tampak seperti kotoran di kemasannya, kemungkinan besar itu bukan kotoran. Portobello adalah varietas jamur yang dibudidayakan (dibandingkan dengan jamur liar), dan kemungkinan besar tumbuh di lumut gambut yang telah disanitasi dan dikomposkan. Meskipun lumut aman untuk dikonsumsi, namun bisa membingungkan untuk melakukannya, jadi kami lebih memilih untuk membilas jamur.

Beberapa orang akan memberi tahu Anda bahwa mencuci jamur adalah ide yang buruk karena jamur akan menyerap terlalu banyak air dan menjadi lembek, tetapi itu hanyalah mitos. Jamur sebagian besar sudah terbuat dari air, jadi pembilasan cepat tidak akan membuat perbedaan mencolok jika dilakukan dengan benar.

Cara Membersihkan Jamur Portobello Utuh

  • Pertama, pastikan Anda cukup membersihkan seluruh jamur. Buang batangnya, yang mungkin berkayu dan tidak enak untuk dimakan. Anda bisa menggunakan sendok atau pisau kecil. 
  • Tempatkan jamur yang sudah dicabut batangnya di saringan di wastafel Anda.Semprot jamur dengan air sampai sisa kotoran hilang.
  • Letakkan jamur di atas handuk bersih dan biarkan mengering sepenuhnya.

Cara Membersihkan Irisan Jamur Portobello

Karena jamur portobello yang diiris tidak memiliki batang, maka lebih mudah dibersihkan. Tempatkan irisan jamur di saringan di wastafel Anda. Kemudian,semprot jamur dengan air sampai kotorannya hilang. Letakkan jamur di atas handuk bersih dan biarkan kering sepenuhnya.

Cara Menyimpan Jamur Portobello setelah Dicuci

Jamur utuh bertahan lebih lama daripada yang diiris, jadi sebaiknya simpan dalam kondisi utuh untuk disimpan. Setelah portobello benar-benar kering setelah dibilas, masukkan ke dalam kantong plastik terbuka di lemari es. Pembukaan akan memungkinkan ventilasi dan menjaganya tetap baik selama beberapa hari.

Ingatlah, bahwa jamur yang paling segar sekalipun akan cepat rusak, jadi pastikan untuk memasak jamur portobello Anda segera setelah membelinya. Idealnya, dalam waktu empat hingga tujuh hari. Hal yang sama berlaku untuk irisan jamur portobello.

Baca juga: Manfaat Makan Jamur Setiap Hari, Bantu Penuhi Kekurangan Vitamin D dan Serat