7 Cara Berhenti Mengontrol dalam Hubungan, Kelola Ekspektasi hingga Berlatih Melepas Sesuatu

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi pasangan. Freepik.com/Wayhomestudio

Ilustrasi pasangan. Freepik.com/Wayhomestudio

IKLAN

5. Berkomunikasi dengan Positif, Jangan Kasar atau Memerintah

Mitra Anda bukanlah robot yang dikirim untuk melakukan semua yang Anda inginkan. Jika Anda mendekati seseorang dengan cara yang mereka anggap mengebiri atau kasar, Anda akan menyalakan lebih banyak api daripada yang Anda padamkan.

Jika seseorang berkata, "Ya ampun, aku suka kalau kamu melakukan X. Itu membuatku sangat bahagia," bukankah itu akan membuat Anda merasa jauh berbeda daripada jika mereka berkata, "Wah, kenapa kamu tidak mau melakukan Y? Saya tidak mendapat bantuan apa pun di sini!?" Pernyataan pertama jauh lebih positif dan memvalidasi.

Jika Anda mendengar diri Anda sendiri berpikir atau membuat permintaan dengan nada menuntut dan negatif, cobalah membingkai ulang pernyataan Anda. Anda tidak suka merasa selalu mengecewakan pasangan Anda, jadi pastikan interaksi mereka dengan Anda tidak melibatkan banyak cara mereka mengecewakan Anda.

6. Jangan Menumpuk Permintaan

Katakanlah Anda ingin suami Anda mencuci piring setelah makan malam. Cara yang baik untuk menanyakan hal ini adalah dengan mengatakan, "Oh wow, sayang, saat kamu mengisi mesin pencuci piring setelah makan malam, itu membuatku merasa sangat bahagia dan dihargai." Ini ucapan yang lebih baik ketimbang mengomel seperti berikut. "Saya ingin Anda mengisi mesin cuci piring, membuang sampah, mengambil anjing, menidurkan anak-anak, dan bla bla bla."

Ingat, dia bukan asisten pribadi, dia adalah pasangan Anda.

7. Kelola Sikap

Seringkali kita menjadi yang paling suka memerintah setelah bekerja. Untuk menghentikan ini sejak awal, saat Anda pulang kerja, luangkan waktu untuk keluar dari peran bos secara emosional.

Jika perlu, luangkan waktu 30 menit untuk mandi air panas atau olahraga untuk memulihkan tenaga. Jika Anda mengalami hari yang berat, kemungkinan besar Anda akan tergelincir ke peran diktator begitu Anda tiba di rumah.

Pilihan Editor: 7 Tips Melindungi Diri dari Power Play dalam Hubungan, Apa Itu?

YOUR TANGO

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Halaman

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."