Cara CEO Mapan Ardelia Apti Tampil Percaya Diri saat Networking

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
(paling kiri) CEO Mapan, Ardelia Apti di acara acara

(paling kiri) CEO Mapan, Ardelia Apti di acara acara "Women with Impact - International Women's Day 2023" by East Venture di kantor Google Indonesia, Jakarta Pusat, pada Rabu, 8 Maret 2023. Foto: Dok. East Venture

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Apakah kamu merasa risau, gelisah atau cemas saat berbincang dengan orang baru di momen berjejaring atau networking? Jika iya, kamu tidak sendirian, Sahabat Cantika. CEO Mapan, Ardelia Apti pun masih merasakan itu saat networking. Dia mengakui itu bukan hal yang mudah dan berjuang tampil percaya diri.

"Networking salah satu hal alami yang paling sulit dilakukan oleh wanita. Tidak wajar bagi kita untuk hanya bertemu orang asing dan percakapan, jadi bagi saya itu masih merupakan sebuah perjuangan," katanya dalam Bahasa Inggris di acara "Women with Impact – International Women’s Day 2023" by East Venture di kantor Google Indonesia, Jakarta Pusat, pada Rabu, 8 Maret 2023.

"Saya masih merasa sangat cemas datang ke acara seperti ini dan mengetahui bahwa saya harus menempatkan diri saya di luar sana, seperti berjabat tangan dengan orang-orang dan menjalin hubungan dengan orang asing. Namun, tidak perlu memaksakannya," lanjutnya.

Untuk mengatasi kerisauan tersebut, Ardelia memilih cara untuk menghadapi nya. Dia akan berinteraksi dengan orang-orang yang ditemui dalam momen networking tanpa berperilaku secara berlebihan.

"Tidak ada cara lain (untuk menghindar) selain menghadapi dan katakan hai (untuk menyapa). Apa hal buruk yang akan terjadi setelah itu? Yang kedua, penting untuk kita menemukan gaya personal saat networking," tutur jebolan Universitas Indonesia jurusan ekonomi itu.

Menurut Ardelia, ketika kita mengetahui gaya berkenalan, gaya bicara, dan topik andalan kita, maka kita akan semakin percaya diri bertemu orang-orang asing saat networking.

Cara ketiga adalah melakukan networking secara tulus dan tidak memaksakan, bukan mengukur apa keuntungan berinteraksi dengan orang tersebut. 

"Jika (networking) berlangsung asli, hal ini akan menguntungkan kedua belah pihak. Kamu tidak hanya berpikir meminta bantuan, dan kamu akan tampil percaya diri dan natural saat networking," ucapnya.

Sebagai informasi, Ardelia Apti diketahui salah satu pendiri perusahaan rintisan Swadaya Program pada 2016. Kemudian dia bergabung ke Go-jek selama satu tahun setengah. Lalu, beralih ke Go-Pay selama tiga tahun empat bulan.

Setelah itu, dia menjadi Country Director Element Inc. Baru di tahun 2022, tepatnya Juni, Ardelia Apti bergabung ke Mapan sebagai Chief Commercial Officer. Dalam waktu enam bulan, dia ditunjuk sebagai CEO Mapan. Menariknya saat di masa kuliah, Ardelia pernah magang di Mapan pada 2013. Mapan diketahui berdiri sejak 2009.

Pilihan Editor: Kisah Ardelia Apti Merintis Karier di Bidang Teknologi: Ada Ruang Besar yang Perlu Diseimbangkan

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."