Bukan Makanan, Konsumen Berburu Produk Ini Selama Bulan Ramadan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi belanja / kelas menengah. ANTARA/Adwit B Pramono

Ilustrasi belanja / kelas menengah. ANTARA/Adwit B Pramono

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kendati tidak berbelanja bahan makanan, ternyata masyarakat konsumen di Tanah Air cenderung memilih untuk berburu sejumlah barang atau produk kategori Non Makanan & Minuman (Non F&B) selama bulan Ramadan yang kemudian beralih ke kategori tersebut menjelang perayaan Idul Fitri di pusat perbelanjaan.

"Puncak kunjungan ke pusat perbelanjaan pada saat Ramadan umumnya akan terjadi pada satu hingga dua pekan menjelang Idul Fitri. Pada saat libur atau Idul Fitri, maka konsumen akan beralih ke kategori Makanan dan Minuman (F&B) serta hiburan," kata Ketua Umum Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Alphonzus Widjaja.

Alphonzus menjelaskan bahwa saat ini tingkat kunjungan ke pusat perbelanjaan terus mengalami peningkatan hingga 100 persen. Hal ini terjadi terutama setelah tahun lalu Pemerintah menetapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 1 dan mencabut PPKM menjelang tutup akhir tahun 2022.

"Tidak sedikit pusat perbelanjaan yang tingkat kunjungannya telah mencapai 100 persen atau bahkan lebih, bila dibandingkan dengan sebelum pandemi," ungkapnya.

Ia menambahkan rata-rata tingkat kunjungan pada tahun 2023 diperkirakan akan mengalami peningkatan lebih dari 100 persen atau paling tidak mendekati seperti sebelum masa pandemi.

"Rata-rata tingkat kunjungan ke pusat perbelanjaan pada tahun 2020 yang lalu adalah sekitar 50 persen dan mengalami peningkatan sedikit menjadi sekitar 60 persen pada tahun 2021. Kemudian meningkat mencapai 90 persen pada tahun 2022," terangnya.

Lebih lanjut Alphonzus mengatakan, setelah pencabutan PPKM dicabut beberapa waktu yang lalu, maka pusat perbelanjaan telah mulai kembali mengadakan berbagai acara dan kegiatan.

"Sudah banyak juga promo belanja yang sebelumnya hampir selama tiga tahun dilarang sehubungan dengan berbagai pembatasan," jelasnya.

Tahun 2023 merupakan Ramadhan dan Idul Fitri pertama yang berjalan tanpa pembatasan di pusat perbelanjaan akibat pandemi COVID-19. Pemerintah memutuskan untuk mencabut kebijakan PPKM pada 30 Desember 2022 yang disampaikan oleh Presiden RI Joko Widodo dan tertuang dalam Instruksi Mendagri Nomor 50 dan 51 Tahun 2022.

Pilihan Editor: Sambut Bulan Ramadan, Otten Coffee Rilis Kopi Racikan Khusus yang Nyaman di Lambung

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

  

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."